11.107 CPNS Lotim Ikuti Test SKD

0
103

SELONG, Warta Rinjani—Sebanyak 11.107 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tes ini dimulai sejak tanggal 3-25 Februari 2020 mendatang.

Seleksi yang digelar selama 22 hari itu berlangsung di Kantor Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lombok Timur.

Pantauan Warta Rinjani, setiap hari para pelamar CPNS yang mengikuti test sebanyak 500 pelamar. Jumlah ini terbagi dalam 5 sesi. Masing-masing sesi menggunakan dua ruangan berbeda yang menampung sebanyak 50 peserta. Seleksi tersebut menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Kepala Bidang Data dan Formasi BKPSDM Lombok Timur, L. Agus Satriawan menyebutkan, dalam tes SKD akan menentukan para CPNS untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Dalam penentuan kelulusan SKD tergantung passing grade atau standar kelulusan. Sebab, masing-masing bidang akan diambil 3 pelamar.

Baca Juga  IKLAN

SKD menurut Agus, terbagi menjadi tiga tes. Diantaranya Tes Wawasan Kebangsan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan  Tes Kompetensi Pribadi (TKP).

“Para pelamar akan menyelesaikan ketiga tes tersebut untuk bisa mengikuti test Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” kata Agus.

Para CPNS tersebut nantinya akan mengikuti SKB sembari menunggu hasil secara keseluruhan pada wilayah Nusa Tenggara meliputi Bali, NTB dan NTT. Dalam penentuan hasil sesuai passing grade, 3 besar sesuai formasinya akan diumumkan pada masing-masing instansi. Sehingga akan diperoleh sebanyak 1.446 formasi dari kebutuhan formasi CPNS 482 pelamar.

“3 x 482 pelamar CPNS maka diperoleh angka 1.446 pelamar yang berhak mengikuti SKB. Tapi bisa saja angka itu berkurang tergantung pencapaian standar kelulusan,” kata Agus menimpali.

Baca Juga  Pemkab Loteng Fasilitasi Dekranasda dan LASQI

Agus meyakini pelaksanaan test SKD kali ini menetapkan standar yang cukup ketat. Panitia tetap melakukan evaluasi pada setiap sesi sehingga bisa bejalan efisien dan efektif.

Sistem test kali ini sedikit berubah yang mengacu pada Perka No. 16 tahun 2018. Sebelumnya, mengacu pada Perka No. 8 tahun 2018 tentang rekrutmen CPNS.

“Diperkirakan hasilnya akan terlihat pada akhir Februari atau selambat-lambatnya awal bulan Maret 2020. Walaupun secara tidak langsung terlihat hasilnya pada papan pengumuman di BKPSDM Lotim. Selanjutnya, kita tunggu saja informasi dari Badan Administrasi Kepegawaian Nasional (BAKN),” tandasnya. (dy)

Suhaidi/Warta Rinjani

SELEKSI:  Inilah suasana tes SKD CPNS di kantor BKPSDM Lotim yang digelar sejak tanggal 3 – 25 Februari 2020.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar