LOMBOK TIMUR – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bao Daya, Desa Pengadangan, Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur kini memiliki produk unggulan untuk dikembangkan. Produk tersebut berupa industri pembuatan Paving blok. Tidak itu saja, BUMDes ini pun juga memiliki jenis produk lainnya seperti jasa simpan pinjam dan pariwisata dan sektor jasa lainnya.

Sekretaris Desa Pengadangan, Amrul Arahap, M.Pd mengatakan, untuk mengembangkan produk unggulan BUMDes tersebut, usaha pembuatan Paving blok adalah yang paling realistis. BUMDes Bao Daye mampu memproduksi paving blok dengan kualitas K200 – K400.

Google search engine

“BUMDes kami satu dari sekian BUMDes di Lotim yang memproduksi paving blok berkualitas tinggi. Produk ini mampu meningkatkan sistem perekonomian usaha kami,” terang Amrul Arahap kepada mahasiswa KKN Universitas Hamzanwadi dan peserta pelatihan Jurnalistik Desa Pengadangan, Senin (12/7).

Masih kata Amrul, industri pembuatan paving blok ini memiliki prospek kedepannya. Karenanya, desa akan terus mensupport industri tersebut agar menjadi lebih baik.

Selain itu, BUMDes kini tengah merancang sektor jasa lainnya seperti BUMDes Mart melalui program pembinaan UMKM.
Untuk mengimplementasikan unit kegiatan usaha tersebut, Desa Pengadangan akan membuat Peraturan Desa (Perdes).

Perdes tersebut nantinya memuat kebijakan lain agar pemilik kios dan usaha lainnya dapat bekerjasama dengan BUMDes Mart.

“Untuk usaha simpan pinjam, BUMDes belum dapat terealisasikan. Kami masih merencanakannya,” aku Amrul.

Namun kata Amrul, Desa Pengadangan salah satu desa yang memiliki kekayaan budaya dan pariwisatanya, justru akan melirik potensi itu untuk meningkatkan perekonomian setempat.
Pagelaran Event Pesona Budaya Betetulak, Ngaro Ngareng dan Adat Gama, dapat dikembangkan menjadi pusat wisata budaya.(Red*)

BACA JUGA  Organda NTB Siap Support Transportasi Aman di NTB
Artikulli paraprakDiduga Kematian Tak Wajar, Makam Dedi Dibongkar
Artikulli tjetërProgram Lotim.net Terkendala, Sebaran Masih Minim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini