LOMBOK TIMUR – Program ‘Desa Pintar’ berbasis internet di Kabupaten Lombok Timur masih jauh dari harapan. Dari 1800 dusun yang ditargetkan menjangkau Lotim.net, baru 300 dusun yang terpasang.

Artinya, masih tersisa 1500 dusun yang harus direalisasikan.

Google search engine

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Sandi (Kominfosan) Lombok Timur, Ahmad Masfuk, MM mengatakan, dengan anggaran sebesar Rp. 4,3 Miliar, pihak Diskominfo Lotim hanya bisa membangun 28 tower backbone dan memasang 508 titik acces point. Sebarannya di 254 kantor desa dan satu dusun di masing-masing desa tersebut.

“Hanya itu yang bisa kita anggarkan di tahun 2020 kemarin,” terang Kepala Dinas Kominfo Lotim, Ahmad Masfuk kepada wartawan, Selasa, (13/7).

Program Lotim.net tersebut bisa terwujud kata dia, asalkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait ikut andil mensukseskan program tersebut. Khususnya yang mempunyai jalur birokrasi dimasyarakat. Semisal, Dikbud, Dikes, BP3AKB, Dinas Pertanian, dan DPMD dan lainnya.

Dengan demikian kata dia, hajat untuk bisa meminimalkan wilayah yang blank spot bisa teratasi.

“Program ini harus kita keroyok. Kalau hanya mengandalkan Kominfo saja, membutuhkan waktu lama, mungkin butuh waktu 4-5 tahun kedepan. Itupun kalau anggarannya tersedia,” sebutnya.

Dari 254 desa tersebut, masih ada yang belum maksimal karena terkendala sinyal. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri, karena tergantung dari topografi desa itu sendiri.

“Wilayah yang belum optimal dan terakses sinyalnya, itu yang akan kita benahi ditahap pengembangan selanjutnya,” katanya.

Masih kata Masfuk, untuk mekanisme kerja dari acces point jangkauannya pun sangat terbatas. Dimana, jika keadaan suatu wilayah atau desa normal, jangkauan jaringannya hanya sampai 100 meter keliling. Sedangkan tidak normal, jangkuan jaringannya maksimal 50 meter keliling.

BACA JUGA  Pemda Lotim Siapkan 33 Shuttle Bus

“Jangkauannya kira-kira bisa mencakup antara 10-12 rumah sekitar titik akses point,” tutupnya. (wr-sid).

Artikulli paraprakTingkatkan Ekonomi Masyarakat, BUMDes Pengadangan Kembangkan Industri Jasa
Artikulli tjetërJelang Idul Adha, Disdag Lotim Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini