LOMBOK TIMUR – Data Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Timur mencatat, terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi positif hingga hari Kamis (22/07) sebanyak 79 kasus. Sedangkan yang suspect mencapai 92 kasus.

Sementara yang sedang menjalani perawatan isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soedjono Selong, Lombok Timur saat ini sebanyak 56 pasien.

Google search engine

Plt. Direktur RSUD dr.R Soedjono Selong, dr. Tantowi Jauhari, Sp.B menyebutkan, ke – 56 pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi dan perawatan. Angka tersebut baru terisi 43 persen dari ketersediaan daya tampung yang mencapai 130 tempat tidur yang disiapkan.

Meski demikian, pihak rumah sakit telah mengantisipasi kemungkinan terburuk jika pasien Covid-19 membludak.
Selain mendirikan tenda perawatan, sejumlah ruang rawat reguler akan dikonversi menjadi ruang perawatan bagi pasien Corona atau yang suspect Covid-19.

“Daya tampung tempat tidur 130 unit. Kita juga sudah mengantisipasi kemungkinan yang bakal terjadi kedepannya. Strategi konversi ruang perawatan biasa dipersiapkan menjadi tempat tidur pasien Covid-19,” jelas Tantowi Jauhari kepada media ini, Kamis (22/7).

Dikatakannya, efek dari konversi akan ada penggeseran pasien-pasien yang dirawat reguler. Pasien Covid-19 harus mendapatkan ruangan yang steril sehingga tidak menulari orang lain.

“Mendirikan tenda juga untuk mengantisipasi lonjakan kasus yang terjadi kedepannya. Ini skenario terburuk nantinya apabila lonjakan itu terjadi. Tapi, mudah-mudahan itu tidak sampai terjadi,” harapnya.

Pendirian tenda dilakukan bukan saja bagi pasien Covid-19 tapi juga bagi pasien-pasien biasa lainnya. Yang penting bukan pasien infeksi.

Menjawab adanya indikasi pasien yang terpapar Covid-19 varian Delta, dr. Tantowi Jauhari mengatakan jika hingga saat ini tidak ada yang terpapar varian itu.

BACA JUGA  Informasi PPKM Mikro Harus Sampai Kepada Masyarakat

“Semoga saja tidak ada warga Lotim yang terpapar varian delta,” katanya.

Dari data yang dihimpun, hingga saat ini total jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur mencapai 1783 kasus. Sembuh 1656 orang, isolasi 79 orang dan meninggal dunia 48 orang. (wr-di)

Artikulli paraprakSelama 4 Bulan, Polres Lotim Amankan 22 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba
Artikulli tjetërSemester I, Baznas Lotim Kumpulkan Rp. 8 Miliar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini