LOMBOK TIMUR – Pada semester I, Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur telah mengumpulkan sekitar Rp. 8 miliar yang didapatkan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan berbagai pihak lainnya.

Pada periode yang sama pula, Baznas telah mengeluarkan sebanyak Rp. 5.9 miliar yang diperuntukkan bagi 8 ashnab sesuai dengan regulasi yang ada.

Google search engine

Sekretaris Baznas Lombok Timur, Abdul Hayyi Zakariah, SPd.I menyebutkan, hasil pengumpulan zakat hingga semester I atau 6 bulan pertama sedikit lebih tinggi dibanding periode tahun sebelumnya.
Jika mengacu pada tahun lalu, hasil pengumpulan zakat mencapai Rp. 12 miliar. Sementara, pada tahun 2021 ini sudah mencapai Rp. 8 miliar.

“Tahun ini masih tersisa 6 bulan lagi. Jika melihat capaian tahun lalu butuh 4 bulan lagi untuk menyamainya. Tapi, Baznas akan memaksimalkan capaian melebihi dari target tahun sebelumnya,” jelas Abdul Hayyi kepada media ini, Jum’at (23/7).

Masih kata Hayyi, optimisme Baznas untuk mengumpulkan ZIS yang lebih besar memiliki peluang. Dari riil yang ada, rasional penambahan dari target bisa mencapai 25 persen. Artinya, tahun sebelumnya hanya memperoleh Rp. 12 miliar, maka pada tahun ini kemungkinan Rp. 18 miliar bisa dicapai.

Pencapaian itu kata Hayyi, bisa didapatkan dari para Muzakki diluar ASN dengan perkiraan 10 persen.
Strategi lain untuk menarik dan memperbanyak pengumpulan dari kalangan non ASN, semisal pihak swasta. Mulai dari sektor ritel modern, investor dan toko-toko serta pasar tradisional.

“Mungkin cara ini bisa mengumpulkan infaq. Yang kita kejar adalah infaq-nya, bukan zakat. Kalau zakat itu sekali setahun,’ jelasnya.

Bahkan kata dia, Baznas Lotim telah melayangkan ‘Surat Cinta’ kepada dermawan yang ingin berinfaq. Sehingga, kontribusi sosial yang diharapkan bagi semua pihak bisa diwujudkan dengan ZIS yang dikumpulkan. (wr-di)

BACA JUGA  Irene Radjiman : Yang Anda Anggap Pakaian Gurun Tidak Membuat Saya di Tolak di Dunia Penerbangan
Artikulli paraprakDi Lombok Timur, 79 Orang Positif Covid-19
Artikulli tjetërPersiapan Pilkades di Lotim Capai 80 Persen

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini