OPINI – Dampak PPKM membuat pelaku ekonomi kecil rugi karena hasil yang mereka dapatkan tak sebanding dengan modal yang dipakai. Hari-hari mereka harus menghadapi penyekatan, pelarangan berdagang, pembeli yang tidak banyak dan bahkan pulang tidak dapat apa-apa.

Kebijakan pemerintah yang semakin meluas akibat pandemi yang tak bertepi. Perpanjangan PPKM sampai tanggal 8 Agustus 2021 menjadi ujung kehidupan warga. Warga harus tawakkal menjalani suka dan duka.

Google search engine

Saat ini, Upaya pemerintah untuk menyetarakan ekonomi warga jadi hal utama dan penting diselesaikan. Sebagian warga menginginkan kenyamanan mencari nafkah, tak dikejar-kejar aparat dan pembatasan yang harus dilonggarkan.

Beban tanggung jawab untuk keluarga yang setiap hari harus terpenuhi membuat mereka tidak gentar mencari akal sana sini. Kebutuhan keluarga mulai dari urusan dapur, biaya sekolah, biaya obat, biaya listrik, air dan bahkan menyisihkan uang tabungan malah tutup buku karena tidak bisa dipenuhi.

@unwanulhubby
@unwanulhubby

Bantuan sosial seperti anjuran presiden harus segera disalurkan membuat para menteri getar getir dan urus sana sini. Bansos jadi primadona bagi warga untuk mengurangi beban hidup yang belum terlihat ujungnya karena pandemi.

Tri Rismaharini selaku menteri sosial mengatakan, “tidak bisa terus-terusan menyalurkan bantuan karena pemerintah punya keterbatasan” (kompas.com). Kebutuhan tidak untuk warga kecil, tapi dampaknya juga bagi fasilitas pemerintah yang lain seperti: rumah sakit yang kurang, alat-alat kesehatan dan obat-obatan.

Kendatipun, bantuan juga datang dari pemerintah daerah dan para dermawan yang turut bersumbangsih untuk warga. Keterbatasan setiap orang juga tidak bisa disama ratakan.

Bansos yang eksisting seperti Sosial Tunai (BST), PKH, dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)/Kartu Sembako, maupun terkait dengan bansos yang baru, seperti bantuan untuk 5,9 juta keluarga (Kemensos.com). Bansos ini akan di salurkan secara bertahap dengan tetap menyesuaikan data warga.

BACA JUGA  Bupati Menilai Realisasi Bansos Tidak Sesuai Harapan

Pekan lalu presiden sudah mengintruksikan segera di cairkan bansos. Baru-baru ini warga sudah menerima bantuan BST sejumlah 600 ribu dan disalurkan melalui kantor Pos daerah.

By: Unwanul Hubby

Artikulli paraprakJukir, Anak Tukang Ojek Hingga Marbot Masjid Lulus Seleksi Polisi
Artikulli tjetërBupati Lotim Himbau Panitia Pilkades Siapkan Alternatif Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini