LOMBOK TIMUR – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 29 desa di Kabupaten Lombok Timur digelar serentak besok, hari Rabu (28/7).

Mengantisipasi gejolak yang muncul dalam proses pelaksanaan Pilkades, Polres Lombok Timur menerjunkan sebanyak 323 personil gabungan untuk memastikan pelaksanaan Pilkades ini berjalan aman dan lancar.

Google search engine

Kabagops Polres Lotim, Kompol Eko Mulyadi menegaskan bahwa pengamanan Pilkades ini telah berjalan mulai dari tahapan penetapan calon, kampanye hingga penyaluran logistik. Termasuk juga pengamanan disaat pelaksanan pemungutan suara yang akan berlangsung Rabu esok.

Sejumlah personil Polres Lotim yang tergabung dalam tim khusus dibentuk yang akan ditugaskan untuk melakukan penjagaan hingga patroli di setiap desa yang menggelar Pilkades.

Selain itu, kepolisian juga telah melakukan pemetaan penetapan zona terhadap wilayah yang melaksanakan Pilkades. Selain petugas yang ada di masing- masing Polsek, personil Brimob akan di BKO kan untuk pengamanan.

“Daerah yang rawan konflik ini pastinya mendapatkan atensi khusus dari aparat kepolisian. Data sejumlah daerah yang rawan telah dikantongi. Pengamanan di daerah yang rawan konflik ini dipastikan juga akan lebih maksimal,” jelas Eko.

Tentunya, pola penanganan masing-masing desa akan berbeda. Setiap desa akan ditempatkan satu petugas Bhabinkamtibmas bersama petugas Polsek setempat termasuk juga ada unsur TNI. Sedangkan petugas Brimob Polres dan petugas dari Polsek yang tidak melaksanakan Pilkades akan disebar untuk melakukan patroli dari empat zona yang telah dipetakan. Patroli tersebut untuk memastikan situas di diluar TPS aman dan terkendali.

“Dari 29 desa yang melaksanakan Pilkades ini untuk pengamanan di TPS desa tersebut jumlah anggota dari kepolisian yang kita kerahkan sebanyak 203 orang. Sedangkan petugas yang melakukan patroli baik itu dari Brimob maupun dari Polsek yang tidak menggelar Pilkades yaitu 120 . Sehingga total personil yang diterjunkan sebanyak 323 anggota,” kata dia.

BACA JUGA  Sembunyikan Sabu, Seorang Warga Labuhan Haji Digelandang Polisi

Ia berharap pelaksanaan Pilkades ini bisa berjalan aman dan lancar . Kalah atau menang merupakan hal biasa dalam demokrasi. Jangan sampai ada pihak yang berupaya mengacaukan situasi. Jika ada yang tidak puas dengan hasil Pilkades dipersilahkan untuk diselesaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (wr-di)

Artikulli paraprakStatus 50 E-Warong di Lotim Tak Sesuai Pedum Akan Dicabut
Artikulli tjetërNiat Hadiri Acara Pernikahan, Pria Ini Malah Mencuri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini