LOMBOK TIMUR – Petugas Kodim 1615/Lombok Timur berhasil menggagalkan truk fuso ‘Bima Cepat Trans’ yang hendak selundupkan kayu sonokling yang diduga tidak memiliki dokumen atau Surat Keterangan Sah Hasil Hutan (SKSHH).

Usai penangkapan, Dandim 1615/Lotim, Letkol. Inf. Agus Prihanto Dony, S. Sos mengungkapkan, truk fuso Bima cepat trans dengan nopol EA 8918 L yang dikemudikan oleh Bruno Paskalis Ko’e itu dicegat di jalan raya Aikmel, tepatnya di depan Puskesmas Aikmel, Lotim, pada Senin sore, (26/7), sekitar pukul 16.00 wita.

Google search engine

“Kami mendapat informasi ini dari jaringan dan kami langsung menindaklanjutinya,” terang Agus P. Dony kepada wartawan, Senin, (27/7).

Mendengar infomasi itu, ia langsung memerintahkan Batiops Unit Inteldim untuk berkoordinasi dengan Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Rinjani Timur agar melakukan pemantauan dan pengamanan.

“Setelah keluar dari pelabuhan Kayangan, tim Batiops Unit Inteldim membuntuti truk itu dan dilakukan pengamanan di jalana raya Aikmel. Kemudian kami giring menuju kantor Agro Bisnis Paokmotong untuk dilakukan pengecekan terhadap fuso yang diindikasikan membawa kayu sonokling tanpa dokumen,” sebutnya.

Dari keterangan sopir yang berhasil dihimpun, dia (sopir truk, Red) berangkat dari Flores dengan membawa tabung gas berukuran 12 kg dan akan dibawa ke Bali.

Adapun dari hasil pengecekan itu kata dia, ditemukan adanya kayu sonokeling sekitar dua kubik yang tersimpan di bawah tong gas berukuran 12 kg.

“Kami menduga kayu sonokling itu berasal dari Dompu,” kata dia.

Dikatakannya, selain tidak dilengkapi dengan dokumen angkut yang sah, pemilik kayu itu juga melanggar instruksi Gubernur (Moratorium) tahun 2020, tentang penebangan dan peredaran hasil hutan.

“Semua barang bukti kami bawa ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutahan (LHK) Mataram,” tutupnya.(wr-sid)

BACA JUGA  Pohon Tumbang Timpa 3 Mobil dan 2 Asrama Polres Lotim
Artikulli paraprakKelurahan Sandubaya Distribusikan Paket Sembako
Artikulli tjetërBaznas Lotim Salurkan Bantuan Kepada Balita Kembar Siam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini