LOMBOK TIMUR – Progres pembangunan instalasi Command Center Smart City (CCSC) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur baru berjalan 10 persen dari jadwal waktu pengerjaan sekitar 150 hari yang ditargetkan.

Kepala Bidang (Kabid) Persandian Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskominfo) Lombok Timur, Mustiawan mengatakan, instalasi CCSC sebagai pusat data (big data) untuk mengintegrasikan base data pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Sedangkan command centre sebagai media dalam melihat perkembangan dari semua OPD.
Termasuk juga dashboard yang akan diajukan ke semua pimpinan.

Google search engine

“Semua pimpinan daerah bisa memantau dan mengevaluasi kegiatan yang sedang dilaksanakan, bagaimana serapan anggaran, apa kendala dilapangan dimasing-masing OPD,” ujar Mustawan kepada wartawan, Rabu (28/7).

Dikatakannya, CCSC dapat diakses dengan cepat oleh pimpinan daerah untuk mengetahui perkembangan informasi di tiap-tiap OPD.
Sehingga, bisa dijadikan rujukan atau referensi bagi pimpinan daerah untuk mengevaluasi kinerja OPD dalam rangka melaksanakan pembangunan di Lotim.

“Inilah kerangka besar yang kita cari. Dengan adanya program ini dapat memperlancar segala akses informasi dari semua OPD,” katanya.

Adapun langkah yang sudah dilakukan adalah menyambungkan jaringan ke semua OPD dengan media kabel FO. Dengan jumlah tiang sebanyak 60 buah.

“Tiang ini yang akan dilewati kabel FO. Jadi, sebanyak 36 OPD yang ada dilingkup Pemkab ini akan terkoneksi nantinya,” sebutnya.

Masih kata Mustiawan, anggaran untuk kegiatan tersebut sebesar Rp 7 M, yang terdiri dari 3 bagian. Untuk perencanaan sebesar Rp. 100 juta, pengawasan sebesar Rp. 50 juta dan untuk kegiatan induknya sebesar Rp 6, 8 M. (wr-sid)

BACA JUGA  Sekda Lotim : Pemuda Agen Perubahan
Artikulli paraprakRekap Perhitungan Suara Pilkades Lotim Tidak Boleh Diinapkan
Artikulli tjetërBerbagi Bersama, Jaya Optik Donasi JKN-KIS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini