LOMBOK TIMUR – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 29 desa tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Lombok Timur berlangsung pada hari Rabu (28/7) Juli. Sebanyak 122 calon ikut berkontestasi dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 128.600 jiwa.

Namun siapapun yang dinyatakan unggul dalam rekapan suara di masing-masing TPS untuk tidak diumumkan. Termasuk hasil pleno suara para calon.

Google search engine

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lombok Timur, M.Hairi, SIP, MM menegaskan, seluruh rekapan suara pada masing-masing TPS tidak boleh diinapkan oleh panitia desa. Hal itu untuk menjaga netralitas panitia desa Pilkades. Hasil pleno pun harus dilakukan secara terbuka oleh paniita desa .

Jika ternyata ada keberatan dari para calon atas ketidakpuasan hasil penghitungan suara, panitia desa akan memberikan tenggang waktu 3 hari mulai hari pelaksanaan pencoblosan.

“H+3 waktu yang diberikan oleh panitia desa melakukan keberatan. Kalau seandainya tidak puas, ada proses sengketa ditingkat kabupaten. Tidak puas juga, silakan menempuh upaya Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN),” ujar Hairi kepada wartawan, Rabu (28/7).

Ia juga berharap kepada masyarakat untuk memilih nakhoda atau pemimpinnya untuk 6 tahun kedepan.

Dalam pantauannya pelaksanaan pilkades hingga saat ini, berjalan lancar dan tertib. Sebab, semua telah menjalankan instruksi Mendagri No. 26 tahun 2021 tentang pelaksanaan Pilkades menggunakan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Diakui Hairi, meski diawal sebelum pelaksanaan Pilkades ini digelar ada keraguan dari Kemendagri, namun dengan logika yang dipaparkan pemkab Lotim, akhirnya pelaksanaan Pilkades ini mendapat persetujuan.

“Kita tidak ingin ada penundaan Pilkades lagi. Tahun 2020 kita sudah menundanya karena pandemi Covid-19. Tetapi, Pilkades ini harus dilaksanakan dengan prokes ketat,” kata Hairi. (wr-di)

BACA JUGA  Kasus Aktif Terendah Ketiga, Prokes NTB Harus Tetap Kencang
Artikulli paraprakDitengah Pandemi, Pilkades di Lotim Bisa Jadi Percontohan Nasional
Artikulli tjetërInstalasi CCSC Lotim Baru Berjalan 10 persen

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini