LOMBOK TIMUR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lombok Timur (Lotim) menciptakan aplikasi baru bernama Sistem Evaluasi dan Monitoring Pendapatan Asli Daerah (SEMPAD).

Sistem ini nantinya dapat diakses oleh semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk oleh publik atas capaian progres masing-masing OPD.

Google search engine

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lotim, Muhammad Azlan, SE,MA.k mengatakan, SEMPAD dirancang untuk memberikan informasi bagi semua OPD terkait capaian pendapatannya.
Kemudahan aplikasi ini kata Azlan, masing-masing Admin OPD dapat memasukan capaian mereka.

“Aplikasi ini real-time dan dapat diakses oleh siapa saja. Sehingga seluruh masyarakat maupun OPD dapat melihat seberapa besar capaian PAD yang telah didapatkan OPD,” ujar Azlan.

Masih kata dia, aplikasi ini cukup sederhana dan langsung terintegrasi kepada masing-masing pimpinan OPD. Secara tidak langsung dengan adanya sistem baru tersebut, OPD dapat menggenjot pendapatannya.

“Dalam waktu dekat ini Bapenda Lotim akan me-launching aplikasi ini,” janjinya.

Untuk mengetahui secara detail, Azlan membeberkan sejumlah OPD yang pemasukannya masih dibawah 0.20 persen. Salah satunya, Dinas Perindustrian. Sementara yang tertinggi, Rumah Sakit (RS) Lombok Timur yang mencapai 73.2 persen. Dinas Kesehatan 40.11 persen, RSUD Soejono Selong 34.96 persen, Bapenda 34.95 persen, Dinas Perdagangan 31.78 persen.

Sedangkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) 11.22 persen, Dinas Pariwisata 17 persen dan Dinas PMTSP baru terealisasi Rp 1 miliar dari target Rp. 5.5 miliar atau 19.19 persen.

“Jika ada update data dan realisasi tambahan pasti akan muncul di aplikasi SEMPAD,” tandas Azlan. (wr-di)

BACA JUGA  Penyelenggara Pastikan Logistik MXGP Segera Rampung
Artikulli paraprakSprinter Lalu Zohri Gagal Sumbangkan Medali
Artikulli tjetër‘Nature dan Culture’ Desa Tete Batu Jadi Daya Tarik Dunia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini