LOMBOK TIMUR – Sebanyak 9 desa di Kabupaten Lombok Timur telah ditetapkan menjadi desa wisata di NTB. Desa wisata tersebut kini telah didaftarkan pada Dinas Pariwisata Provinsi NTB.

Penetapan ke – 9 desa wisata tersebut, tentunya disupport oleh Pemkab Lombok Timur menjadi daerah tujuan wisata.
Diyakini oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) Lombok Timur, M. Hairi, S.IP, M.SI, ke sembilan desa wisata tersebut telah mendapat pengakuan dan menjadi program SDGs (Suistanable Development Goals) oleh Kementerian Desa dan PDT RI.

Google search engine

Program ini kata Hairi, desa merupakan pembumian SDGs (global) dengan menambahkan poin kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

“Desa wisata ini nantinya diharapkan bisa mem-branding dirinya menjadi desa yang bisa menghasilkan PADes masing-masing lewat wisata,” jelas Hairi kepada media ini, Senin (16/8).

Apalagi Desa Tete Batu kata dia, menjadi salah satu desa mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi Best Tourism Village UNWTO 2021. Tentu akan memberikan multiflier effect bagi NTB dan Lombok Timur khususnya.

“Jadi, tidak hanya Tete Batu tapi akan memberikan keuntungan bagi desa-desa sekitarnya. Yang lain pun tidak boleh berkecil hati. Tapi ini untuk kepentingan masyarakat Lotim secara umum,” kata Hairi.

Dinas PMD Lotim ujarnya, telah menyodorkan proposal ke Kementerian Desa agar mendapatkan dana bantuan kepada masing-masing desa yang telah direkomendir sebagai desa wisata. Dari 8 desa yang diusulkan, hanya 6 desa yang berhasil mendapatkan dana bantuan masing-masing sebesar Rp. 600 juta.

“Dengan bantuan ini nantinya desa-desa itu bisa mempromosikan dirinya agar lebih dikenal didunia internasional,” hara Hairi. (wr-di)

BACA JUGA  Bupati Lotim : OPD Diminta Gunakan Spandek Buatan UPT Kotaraja untuk Kegiatan Pembangunan
Artikulli paraprakPWI NTB dan Imigrasi Mataram Sinergi Gelar Layanan Eazy Passport
Artikulli tjetërDugaan Korupsi Kredit Fiktif BPR Aikmel, Kejari Lotim Periksa Dua Guru SD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini