LOMBOK TIMUR – Sektor pariwisata di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) kini mulai menggeliat. Keterlibatan banyak pihak memperkenalkan wisata di Lotim menjadi faktor penentu, sehingga panorama daerah yang dikenal ‘Pulau Seribu Masjid’ ini menjadi salah satu destinasi wisata dunia.

Untuk pengembangan panorama wisatanya, Dinas Pariwisata Lombok Timur kembali memperkenalkan konsep Trisila. Yakni, alam lestari, budaya kokoh, dan norma ditaati.
Konsep itu dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata Lotim, H. Mugni, SPd, M.Pd.

Google search engine

Selain konsep Trisila, Mugni juga menjelaskan empat prinsip ekonomi kreatif yang menjadi bagian dari pengembangan wisata didaerah ini.

“Empat prinsip ekonomi kreatif itu, produk kita yang buat, kita beli, kita pakai dan kita jual konsep-konsep ini yang nantinya akan disosialisasikan ke masyarakat,” jelas Mugni.

Apalagi, kata Mugni, Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, Lotim salah satu desa yang mewakili Indonesia pada ajang best tourism village by UNWTO tingkat dunia yang direkomendasi belum lama ini oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Mugni menegaskan, dalam ajang Best Tourism Village beberapa kriteria yang akan menjadi penilaian UNWTO, salah satunya bagaimana masyarakat bisa menerima pariwisata International tanpa menggeser kearifan lokal.

“Kami bersama teman-teman OPD sedang merancang untuk persiapan Desa Tete Batu yang akan mewakili Indonesia pada event Internasional tersebut. Dan mudah-mudahan Desa Tete Batu bisa menjuarai ajang dunia ini,” harapnya.

Selain Desa Tete Batu Jelas Mugni ada dua desa juga yang diberikan kepercayaan oleh pemerintah untuk mewakili Indonesia dalam lomba tersebut. Diantaranya salah satu desa di Jogjakarta dan NTT.

Desa Tete Batu tambahnya, memenuhi kriteria penilaian yang telah disebutkan UNWTO. Baginya, desa tersebut layak untuk mengikuti ajang bergengsi tingkat dunia itu.

BACA JUGA  Bupati Lotim Sambut Menteri Sandiaga Uno Tinjau Desa Tetebatu

“Ada 9 kriteria penilaian pada lomba itu dan desa Tete sudah memenuhinya jadi kita tinggal melengkapi dan menyempurnakannya saja,” jelas Mugni. (wr-Ded)

Artikulli paraprakTes Seleksi CPNS di Lotim Dijadwalkan Awal September
Artikulli tjetërEksekutif – Legislatif Sepakati Perubahan KUA – PPAS APBD 2021 Lotim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini