LOMBOK TIMUR – Setelah dinilai berhasil menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 29 desa di Kabupaten Lombok Timur 28 Juli 2021 lalu dimasa pandemi, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur akan menggelar kembali Pilkades serentak yang direncanakan  pada tahun 2023 mendatang.

Tetapi, ada sejumlah kendala yang menjadi fokus perhatian. Selain agenda gelarannya bersamaan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), ada sejumlah aturan yang harus dirubah.

Google search engine

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lombok Timur, M. Hairi, S.IP, M.Si menegaskan, kemungkinan besar Pilkades serentak di 153 desa akan ditunda pelaksanaannya. Bahkan jika dimungkinkan akan dihelat pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025.

“Pelaksanaan Pilkades tahun 2023 bersamaan dengan Pilkada, Pileg dan Pilpres. Jadi, tidak mungkin akan dilaksanakan pada tahun yang sama. Sehingga pelaksanaan Pilkades terpaksa ditunda,” ujar M. Hairi kepada media ini, Selasa (31/8).

Penundaan Pilkades serentak nantinya, kata Hairi, tentunya akan berimbas pula pada jabatan kades lainnya yang terpilih pada tahun 2017 silam.
Sehingga, untuk mengoptimalkan peran pemerintahan desa (pemdes), Pemkab Lotim akan mempertahankan jabatan kepala desa yang sudah lewat masa jabatannya dan menarik jabatan kades yang masih lama masa akhir tugasmya.

Dia juga mengantisipasi terjadinya perubahan aturan-aturan baru yang akan diberlakukan dikemudian hari.
Tetapi diyakini aturan secara umum masih tetap berlaku, hanya yang bersifat teknis masih ada perubahan.
Seperti pelaksanaan Pilkades dimasa pandemi ini. Aturan teknis ini masih jadi acuan untuk dilaksanakan oleh semua desa yang menggelar Pilkades.

“Kita akan lihat sistem apa yang harus diterapkan nantinya. Semua itu tergantung situasi dan kondisi yang terjadi dikemudian hari,” kata Hairi. (wr-di)

BACA JUGA  Kinerja DD di Lotim Tak Sebagus DAK Fisik
Artikulli paraprakInstitut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
Artikulli tjetërKades Terpilih Dilantik, Sukiman Berharap Desa Semakin Maju

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini