LOMBOK TIMUR – Meskipun sudah memiliki lima program unggulan seperti Baznas Lotim Sehat, Baznas Lotim Cerdas, Baznas Lotim Berdaya, Baznas Lotim Peduli dan Baznas Lotim Religius, kini Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur, tengah mengembangkan program baru yang digagas oleh Baznas Pusat, yakni gerakan cinta zakat.

Sekretaris Baznas Lotim, Abdul Hayyi Zakaria menjelaskan, program Baznas Lotim sehat tersebut bertujuan untuk membantu biaya pengobatan masyarakat fakir miskin.

Google search engine

Sedangkan program Baznas Lotim Cerdas merupakan bentuk perhatian Baznas di bidang pendidikan.

“Program ini sasarannya membantu mustahik dari kalangan guru maupun siswa,” terang Hayyi. Kamis, (2/9).

Berikutnya sambung Hayyi, Baznas Lotim Berdaya merupakan program yang diperuntukkan untuk membantu pemberdayaan ekonomi ummat, baik dalam bentuk bantuan modal untuk usaha kecil.

Selanjutnya Baznas Lotim Peduli, dimana program tersebut adalah program tahunan dalam bentuk pemberian santunan untuk fakir miskin.

“Sedangkan yang terakhir yakni Baznas Lotim Religius, program ini khusus digalakkan untuk berbagai kegiatan keagamaan,” katanya.

Kini, Baznas Lotim tengah menggalakkan program baru yang digagas oleh Basnaz Pusat, yakni program gerakan cinta zakat.

Menurut Hayyi, keberadaan program tersebut bertujuan untuk meningkatkan perolehan pengumpulan zakat secara nasional khususnya di Lotim.

Melalui gerakan cinta zakat, ia berharap semakin tingginya juga zakat yang dikumpulkan. Dengan begitu, peran serta Baznas Lotim dalam membantu pemerintah juga semakin besar, baik dalam pengentasan kemiskinan.

“Ini merupakan bagian ikhtiar kita (Baznas Lotim, Red) dalam mendorong dan mendukung ekselerasi pembangunan di Lotim,” sebutnya.

Tak hanya membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan, namun pihaknya juga dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan kesehatan dan dapat mengatasi dampak dari pandemi Covid-19 ini.

BACA JUGA  BPPD Lotim Berencana Kembangkan Wisata Budaya

“Semoga kedepannya kita dapat membantu pemerintah lebih banyak lagi,” tutupnya. (wr-sid)

Artikulli paraprakIda Laela : “Saya Ingin Bangun Kembali Desa Terara”
Artikulli tjetërPemdes Sukamulia Gelar Sertijab Kepala Desa Periode 2021-2027

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini