LOMBOK TIMUR – Terpilihnya Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, Lombok Timur mewakili Indonesia dalam festival Best Village Tourism tingkat dunia, sebuah kebanggaan tersendiri bagi Pemprov NTB, terlebih lagi Kabupaten Lombok Timur.

Tentunya ajang tingkat dunia yang digelar oleh United Nation World Tourism Organisation (UNWTO) tersebut harus didukung dengan fasilitas memadai.

Google search engine

Karenanya, Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi Sj, SH meminta semua pihak untuk terlibat menyukseskan Tete Batu sebagai desa wisata terbaik didunia

Dikatakan Rumaksi, harus ada sinergi antara Pemprov NTB dan Lotim untuk mewujudkan Tete Batu menjadi desa wisata terbaik didunia. Bahkan, 12 persyaratan yang diajukan sebagai bahan penilaian oleh UNWTO harus sesuai dengan kondisi riil.

“Ini lomba desa wisata tingkat internasional. Desa Tete Batu harus dilengkapi dengan fasilitas mumpuni sehingga memberikan nilai plus bagi kita,” harap Wakil Bupati Lombok Timur. H. Rumaksi saat menghadiri persiapan Desa Tete Batu menuju pentas tingkat, di Desa Tete Batu, Rabu (8/9).

Selain itu kata Rumaksi, tidak hanya Desa Tete Batu saja. Bahkan desa-desa terdekat lainnya sebagai daerah penyangga pun ikut pul membersihkan wilayahnya dan melengkapi persyaratan sesuai yang diajukan oleh UNWTO.

Disamping itu, kata dia, bila tidak ada kebersamaan dari desa sekitar sangat mustahil Desa Tete Batu bisa menjadi baik pada ajang nantinya.
Untuk itu, hilangkan ego sektoral yang bisa mengurangi penilaian.

‘Kalau hanya Tete Batu saja tentunya tidak bisa menopang keberlangsungan ini. Jika Desa Tete Batu terpilih nantinya, maka dampak multiflier effect ekonomi yang cukup besar akan dirasakan oleh desa sekitarnya”,” ujar Rumaksi saat mendampingi Wakil Gubernur NTB DR. H. Sitti Rohmi Djalillah.

BACA JUGA  UNWTO Dijadwalkan Berkunjung ke Desa Tete Batu Bulan Oktober

Untuk itu, Kepala Desa Tete Batu yang baru dilantik belum lama ini bisa belajar dengan kades sebelumnya. (wr-di)

Artikulli paraprakHari Pertama Tes SKD CPNS Lotim Diikuti 170 Peserta
Artikulli tjetërSemarak Hari Pahlawan 10 November 2021

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini