LOMBOK TIMUR – Anggota Kodim 1615/ Lombok Timur (Lotim) bersama Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rinjani Timur berhasil menghentikan sebuah truk fuso bermuatan kayu yang diduga akan diselundupkan ke Pulau Jawa, Jum’at (18/9) sekitar pukul. 08.30 wita.

Truk ber-Nopol P 8093 UR dipaksa berhenti di Pos Peredaran RPH Pringgabaya Jalan Raya Labuhan Lombok, Kecamatan Pringgabaya, Lotim lantaran mengangkut belasan kubik kayu tanpa dokumen yang sah.

Google search engine

Truk fuso yang dikemudikan Ryan Dicky Kurniawan (32) asal Wongorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur memuat kayu sonokeling diperkirakan sekitar 693 batang dengan volume 18 M3 dan 3 batang bonsai jenis sentigi tidak disertai dengan dokumen angkut yang sah atau ilegal.

“Semua kayu sonokeling yang kami amankan ini karena tidak dilengkapi dengan dokumen angkut yang sah (tanpa dokumen),” terang Kodim 1615/ Lotim, Letkol Inf Amin M. Said, SH. Jum’at, (17/9).

Berdasarkan keterangan dari sopir yang berhasil dihimpun, kayu sonokeling tersebut berasal dari Pulau Sumbawa dan akan dibawa ke Pasuruan, Jawa Timur.

“Kami indikasikan kayu sonokeling itu berasal dari pulau Sumbawa dengan nama pengirim Yendrik, Sumbawa dengan penerima CV. Cahaya Sejati, Pasuruan, Jatim,” ungkapnya.

Dijelaskannya, pemilik kayu sonokeling tersebut melanggar instruksi Gubernur NTB tentang moratorium penebangan dan peredaran hasil hutan kayu di wilayah NTB. Hal tersebut sesuai Instruksi Gubernur Nomor : 188.4.5-75/Kum Tahun 2020 tanggal 18 Desember 2020.

“Untuk truck fuso dan barang bukti akan dibawa ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB untuk dilakukan peroses lebih lanjut,” terang Dandim 1615/ Lotim yang baru beberapa hari lalu menempati jabatan barunya sebagai orang nomor satu dilingkup Kodim 1615/Lotim itu. (wr-sid)

BACA JUGA  Kejaksaan Agung Gencar Usut Kasus Korupsi, Lembaga Survei Jangan Giring Opini Publik
Artikulli paraprakBPNT, Bulog Lotim Distribusikan 190 Ton Beras di 8 Kecamatan
Artikulli tjetërPemkab Lotim Alokasikan Anggaran Untuk Tenaga Vaksinator

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini