LOMBOK TIMUR – Karang taruna memiliki andil dalam pembangunan. Karenanya, Karang Taruna betul betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Penegasan itu disampaikan Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi, SJ, SH, ketika menghadiri pembukaan Temu Karya Karang Taruna se-Kecamatan Pringgabaya, Rabu (22/9).

Google search engine

Selain itu, Rumaksi juga mendorong pemuda untuk lebih banyak melakukan dakwah bil hal. Jika diamati saat ini masyarakat lebih mudah menerima dakwah bil hal daripada dakwah bil lisan. Apalagi keberadaan Karang Taruna sebagai Organisasi Sosial kemasyarakatan. Peran penting lainnya, pemuda memberikan advokasi kepada masyarakat saat menghadapi kondisi sulit seperti sekarang ini.

“Tantangan sekarang ini adalah menghadapi Covid-19 yang begitu menakutkan, walaupun saat ini trendnya mulai menurun,” kata Rumaksi didepan organisasi pemuda yang digelar di kantor Kecamatan Pringgabaya.

Dikatakan Rumaksi, masalah lain yang tak kalah menakutkan terkait maraknya peredaran narkoba di Lotim. Peredaran narkoba saat ini tidak hanya terjadi di kalangan mahasiswa tetapi juga masuk ke sekolah-sekolah.

Oleh karena itu dia meminta agar pemuda menjalin kerja sama yang baik dengan kepala desa dan unsur-unsur lain di desa. Hal ini agar program kerjanya dapat berjalan dengan baik, tentunya dengan saling menghargai tupoksi masing-masing. Termasuk berperan aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat menghadapi berbagai perkembangan di daerah. Seperti mencegah penularan Covid-19 yang dengan melaksanakan protokol kesehatan (prokes) dan mengadakan kegiatan Jumat Bersih.

Wabup Lotim juga meminta para pemuda untuk membentengi diri dari pengaruh bahaya narkoba. Bahkan sudah semestinya ikut ambil bagian dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba yang akhir-akhir ini cukup mengkhawatirkan.

“Akibat pengaruh narkoba seorang anak atau generasi penerus yang kecanduan narkoba sangat susah dididik apalagi sebagai penerus masa depan bangsa. Imbasnya, sulit lagi membedakan mana yang halal dan mana yang haram,” jelas Rumaksi sembari mengatakan, bila terdapat pesta narkoba segera dilaporkan kepada pihak berwenang.

BACA JUGA  Dinas LHK Lotim Luncurkan Program Biopori Atasi Persoalan Sampah

Baginya, Mustahil pengguna narkoba diserahkan kepada orang tua dan aparat yang jumlahnya terbatas. Tetapi, menjadi tanggung jawab semua pihak. (wr-di)

Artikulli paraprakGebrakan Jaksa Agung Disebut Kontroversial : Sikat Koruptor Hingga Keadilan Restoratif
Artikulli tjetërWabup Lotim Lantik Dewas dan Pengurus BUMDes Banjar Sari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini