LOMBOK TIMUR – Menjadi Inspektur pada upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) tahun 2021 yang dilaksanakan di halaman Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Lombok Timur (Lotim). Bupati Lotim, Dr. HM Sukiman Azmy membacakan amanat Menteri Agraria dan tata Ruang Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil.

Dalam amanat tersebut ditegaskan komitmen memerangi mafia tanah.

Google search engine

“Beberapa kasus besar sudah diungkap bahkan sudah divonis dan ada juga yang sedang dalam proses hukum,” sebut Sukiman Azmy, Jum’at, (24/9).

Ia juga mengingatkan kepada pegawai Kementerian ATR/ BPN untuk tidak terlibat mafia tanah. Jika ditemukan keterlibatan pegawai Kementerian ATR/BPN kata dia, maka akan ditindak tegas.

“Saya tidak segan-segan mengambil tindakan tegas, bahkan memecat oknum yang terlibat,” katanya.

Menteri juga mengajak kepala daerah untuk bersama menyukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Pemerintah Daerah (Pemda) diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu melalui penyediaan anggaran Pra-PTSL, serta membantu meringankan masyarakat dengan pengurangan dan penghapusan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Seluruh bidang tanah yang ada di Indonesia sudah memiliki sertifikat,” imbuhnya.

Disebutkan, Kementerian ATR/BPN sudah jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena itu diharapkan seluruh lingkup Kementerian ATR/BPN dapat senantiasa menjaga semangat untuk menjaga integritas, inovatif, kolaboratif, dan kreatif dalam menghadapi perubahan organisasi kedepan.

Peringatan Hantaru yang mengusung tema ‘Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Professional’ ini merupakan terjemahan Undang-undang cipta kerja dan turunannya untuk menciptakan lapangana kerja, dengan memberikan kemudahan berusaha bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta mendorong investasi.

Sejalan dengan itu, pada Hantaru tahun ini diluncurkan aplikasi ‘Loketku’ dan aplikasi permohonan informasi secara daring.

BACA JUGA  PAD Lotim Tahun 2022 Diyakini Capai Target

“Aplikasi ini dibuat akan lebih memudahkan masyarakat serta lebih efisien, baik dari segi waktu maupun biaya, juga transparansi pelayanan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyematan tanda kehormatan Setyalencana Karya Satya kepada sejumlah ASN lingkup kantor Pertanahan Lombok Timur oleh Bupati didampingi Kepala Kantor Pertanahan I Nyoman Nelson Giri. (wr-sid)

Artikulli paraprakKebatinan Jaksa Agung Burhanuddin Seirama dengan Presiden Jokowi
Artikulli tjetërSesosok Mayat Bayi Ditemukan di Sungai Montongbaan Selatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini