LOMBOK TIMUR – Saepul Haq Asry, kini resmi menjadi Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Lombok Timur setelah dilantik dan dikukuhkan Sabtu, (24/09) yang digelar di Wisma Soedjono Tetebatu, Kecamatan Sikur, Lombok Timur.

Usai dilantik bersama pengurus lainnya, Saipul Haq Asry mengungkapkan, Sebagai lembaga gerakan koperasi yang otonom, DEKOPIN bertugas memperjuangkan cita-cita gerakan koperasi Indonesia, menyalurkan aspirasi anggota, menjadi wakil gerakan koperasi serta berperan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan koperasi.

Google search engine

Om Epul, demikian ia disapa menegaskan, koperasi berfungsi sebagai wadah untuk memperjuangkan kepentingan dan bertindak sebagai pembawa aspirasi.

Mengacu pada UU No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian pasal 58, Dekopinda bertugas memperjuangkan dan menyalurkan aspirasi Koperasi serta meningkatkan kesadaran berkoperasi di kalangan masyarakat, dengan melakukan kegiatan penerangan, penyampaian informasi, penerbitan dan pembinaan kelompok usaha dalam masyarakat untuk diarahkan menjadi koperasi

“Kita akan kembangkan kerjasama antar koperasi, antara Koperasi dan dengan badan usaha lain. Selain itu, kita akan lakukan gelar pendidikan perkoperasian bagi anggota dan masyarakat,” ungkap Om Epul.

Masih kata dia, Dekopinda Lotim akan segera melakukan koordinasi dengan semua ketua koperasi yang ada di Lotim karna dalam sistem dilembaga ini tidak boleh hanya memberikan On Job Training saja tapi sesuai dengan tiga tupoksi yang sudah di sebutkan dalam UU tentang perkoperasian.

“Untuk mengembangkan koperasi di Lotim ini, Dekopinda akan memfasilitasi mereka. Selain itu, sistem jemput bola langkah strategis untuk pengembangan koperasi, baik disektor peternakan dan pertanian. Demikian pula koperasi yang bergerak di tembako , sapi dan beberapa bidang usaha koperasi lainnya,” paparnya.

Dia menyebutkan, sekitar 300 koperasi tercatat masih aktif dan dinilai masih sehat dan berada dibawah naungan BUMDes. Koperasi itu akan dibantu agar lebih berkembang.

BACA JUGA  Seorang WBP Lapas Selong Dapat Pembebasan Bersyarat

Kedepannya, koperasi dan BUMDes ini bisa terjalin lebih baik lagi dan dapat membangkitkan roda perekonomian di Lotim.

“Dekopinda Lotim akan segera merapikan kepengurusan dari tingkat desa sampai dengan tingkat kecamatan. Ini dimaksudkan supaya koordinasi ditingkat bawah terbangun dengan baik sehingga program-program berjalan dengan baik,” pinta Om Epul. (wr-di)

Artikulli paraprakWabup Lotim Tuntut Penggiat Koperasi Lebih Kreatif Majukan Perekonomian
Artikulli tjetërKMP Jax Rute Kayangan-Poto Tano Segera Beroperasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini