LOMBOK TIMUR – Kapal Motor Penumpang (KMP) Permata Lestari II yang mengangkut 47 penumpang dan puluhan kendaraan didalamnya kandas di Gili Kondo, Senin malam (4/10) sekitar pukul 21.30 wita.

Kapal yang bertolak dari Pelabuhan Poto Tano (KSB) hendak ke Pelabuhan Kayangan (Lombok Timur) itu terdampar setelah terseret derasnya arus perairan di Selat Alas.
Kapal keluar dari jalur pelayaran dan terdampar di sekitar perairan Gili Kondo.
Hingga saat ini, KMP Permata Lestari II belum bisa dievakuasi.

Google search engine

Manajer ASDP Pelabuhan Kayangan Lutfi membenarkan, KMP Permata Lestari II terdampar di Perairan Gili Kondo. Kapal tersebut membawa 47 orang penumpang terdiri dari 37 orang penumpang laki- laki, 8 orang perempuan dan 3 orang anak anak. Termasuk juga kendaraan berupa 2 unit truk, 6 kendaraan kecil, 1 kendaraan tronton dan 7 sepeda motor.

“Awalnya kapal itu dalam perjalanan dari Pelabuhan Poto Tano menuju Pelabuhan Kayangan. Namun karena arus yang deras menyebabkan kapal tersebut terseret sampai ke Selat Gili Kondo Kecamatan Sambelia Posisi kapal tersebut berada pada bujur 116 – 45 – 172 dan 08 – 26 – 825 lintang selatan,” tutur Lutfi.

Dalam peristiwa itu, seluruh penumpang dan awak kapal yang berada di dalamnya sontak panik dengan kejadian ini. Nakhoda kapal pun langsung berkoordinasi dengan pihak pelabuhan untuk meminta bantuan evakuasi. Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan mengharuskan proses evakuasi para penumpang berlangsung sampai keesokan harinya atau hari ini (Selasa, 5/10).

Setelah mengetahui kejadian ini, pihak ASDP berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk dengan Tim SAR Mataram, Polisi dan TNI untuk dikerahkan ke lokasi. Evakuasi para penumpang berlanjut sampai siang hari.

BACA JUGA  Studi Banding, Baznas Lobar Kagumi Baznas Lotim

“Seluruh penumpang dalam kondisi selamat dan baik baik saja. Semuanya telah berhasil dievakuasi. Sedangkan kapalnya masih dalam posisi terdampar,” ujar Lutfi.

Sementara itu, PH Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit mengakui telah menerima laporan tersebut. Pihaknya pun langsung menerjunkan personil Pos SAR Kayangan untuk melakukan evakuasi menggunakan boat. Proses evakuasi dilakukan dengan cara memindahkan korban ke kapal penumpang lainnya yang berada di sekitar lokasi kejadian.

“Sejak kemarin malam kami sudah terjunkan personil untuk melaksanakan evakuasi bersama TNI, Polri, dan unsur lainnya. Pukul 09.58 Wita seluruh korban berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Kayangan dalam keadaan selamat,” kata Nanang.

Demikian pula dikatakan Kapolsek Kayangan Ipda Anang Makruf. Polsek Pelabuhan Kayangan mengambil tindakan dengan cara berkoordinasi dengan stake holder guna memastikan keselamatan penumpang didalam kapal. Selanjutnya, para penumpang dievakuasi.

“KMP Permata Lestari 2 sampai saat ini masih dalam keadaan kandas di Selàt Gili Kondo. Kita akan evakuasi menunggu cuaca normal kembali,” ujar Anang Makruf. (WR-di)

Artikulli paraprakPencari Rumput Temukan Jasad Bayi Terbungkus Kantong Plastik
Artikulli tjetërRumah Terbakar, Pemilik Ikut Terpanggang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini