LOMBOK TIMUR – Setelah dikunjungi Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Lombok Barat, giliran Baznas Sumbawa merapat ke Baznas Lombok Timur (Lotim).

Studi banding kedua daerah tersebut lantaran Baznas Lotim dinilai berhasil dalam pengelolaan zakat.

Google search engine

Direktur Pelaksana Baznas Lotim, Abdul Hayyi Zakaria, S.Pd mengungkapkan, kedatangan kedua Baznas Lombok Barat dan Sumbawa tersebut untuk mempelajari managemen pengelolaan zakatnya termasuk bagaimana membangun sinergitas yang baik antara Baznas dan Pemerintah Daerah

Menurut Hayyi, ketertarikan kedua daerah tersebut melihat innovasi Baznas Lotim dalam pengumpulan zakat yang dinilai cukup berhasil dimana hampir 70 persen Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lotim menjadi muzakki dari 10 ribu ASN sesuai data tahun 2019-2020. Selain itu, dukungan pemerintah daerah menjadi salah satu alasan pengumpulan zakat dan infaq diyakini sesuai target.

“Adapun Baznas Sumbawa, keterlibatan ASN sebagai muzakki baru mencapai 10 persen dari 8 ribu ASN disana. Atau sekitar Rp. 450 juta per tahun. Jumlah ini masih sangat jauh dibanding capaian Baznas Lotim,” urai Hayyi kepada wartawan, Selasa (12/10).

Kreatifitas dalam hal SDM Pengumpulan seperti adanya KUPZ Kecamatan yang berada disetiap kecamatan termasuk menjadi hal yang menarik untuk dipelajari

“Adapun Baznas Lobar lebih tertarik pada komposisi struktur organisasi Baznas Lotim dengan adanya Direktur Pelaksana dimana Baznas Lobar hingga hari ini belum ada dan Sumbawa ingin mempelajari lebih jauh tentang kondisi Baznas Lotim. Kita memiliki direktur pelaksana atau sekretaris dalam struktur organisasi. Sementara mereka belum ada,” kata Hayyi.

Adapun capaian pengumpulan hingga September ini berada di kisaran Rp 11,2 miliar dari target pengumpulan Rp 15 miliar.

“Mudah-mudahan target itu bisa terealisasi hingga akhir tahun 2021 ini,” tandas Hayyi. (WR-di)

BACA JUGA  Gelar Baksos, LKKS Lotim Bagikan Ratusan Paket Sembako
Artikulli paraprakAnggota Komisi V DPR RI Kagumi Sirkuit Mandalika Sangat Hebat
Artikulli tjetërCegah Stunting, Pemkab Lotim Kenalkan Padi Varietas Inpari Nutrizinc

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini