Beranda BERITA Perbaikan Infrastruktur ke Tetebatu Menunggu Dana Pinjaman

Perbaikan Infrastruktur ke Tetebatu Menunggu Dana Pinjaman

99
0
Kadis PUPR Lotim H. Marhaban
Foto : Kepala Dinas PUPR Lotim H. Marhaban (doc)

LOMBOK TIMUR – Perbaikan infrastruktur ruas jalan untuk mendukung Desa Tetebatu sebagai salah satu desa wisata terbaik dunia, tampaknya terkendala anggaran.

Untuk menuntaskan perbaikan itu, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mengandalkan dana pinjaman. Salah satunya melalui pinjaman PT. Sarana Multi Infrastruktur (PT.SMI).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lotim, H. Marhaban, ST mengungkapkan, perbaikan dua ruas jalan untuk menunjang Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Lombok Timur pada ajang Best Tourism Village (BTV) United National Word Tourism Organitation (UNWTO) melalui pinjaman pihak ketiga.

Namun hingga saat ini Pemkab Lotim dan PT SMI belum melakukan penandatangan terkait MoU pinjaman tersebut.

Menurut informasi awal yang didapatkan bahwa penandatangan MoU Pemkab Lotim dan SMI berkaitan dengan pinjaman akan dilakukan pada minggu ketiga di bulan ini.

“Kalau sudah selesai MoU-nya itu, kita akan mulai bergerak. Kita akan upayakan dana pinjaman dari SMI ini, mudah-mudahan sebagiannya bisa dialokasikan untuk perbaikan jalan menuju ke Tetebatu ini,” terang Marhaban kepada wartawan.

Sebenarnya, perbaikan infrastruktur menuju Desa Tetebatu tersebut berjumlah tiga ruas, yakni jalan Masbagik-Lendang Nangka, Kotaraja-Paokmotong dan Kotaraja menuju Tetebatu. Namun berdasarkan hasil koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, Pemkab Lotim akan memperbaiki dua ruas jalan, yakni jalan Masbagik-Lendang Nangka dan Paokmotong- Kotaraja.

“Sisanya yang satu itu akan ditangani oleh Pemprov. Ruas jalan yang kita tangani ini sifatnya hanya perbaikan saja dan sporadis, yang kondisinya mengalami rusak berat ” katanya.

Dikatakannya, pihaknya akan langsung bergerak cepat untuk melakukan perbaikan setelah anggaran tersebut cair. Mengingat tim penilai UNWTO yang kabarnya akan datang sebelum akhir tahun 2021 ini.

“Sekarang uni tinggal menunggu saja. Kalau sudah deal dengan SMI dan anggaranya sudah ada, maka akan segera kita perbaikan,” kata Marhaban optimis. (WR-di)

BACA JUGA  Pemkab Lotim Dukung Penuh Persiapan Desa Tetebatu Secara Maksimal
Artikel sebelumyaDalam Sehari, Lotim Pecahkan Rekor Vaksinasi Hingga Tembus 41 Ribu Dosis
Artikel berikutnyaPemkab Lotim Kunjungi Peserta STQ Nasional Asal Lotim di Maluku Utara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here