LOMBOK TIMUR – Capaian vaksinasi kepada warga Lanjut Usia (Lansia) di Lombok Timur (Lotim) masih dibawah 40 persen. Angka itu masih terbilang rendah. Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim akan memfokuskan vaksinasi kepada warga Lansia.

Hal itu diungkapkan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Lombok Timur, Drs. HM. Juaini Taufik, M.Ap saat ditemui wartawan, Selasa (2/10).

Google search engine

Menurut Juaini Taufik, Untuk memberikan dosis vaksin ke lansia ini nantinya tidak hanya akan menggunakan strategi door to door, melainkan juga akan memanfaatkan keberadaan posyandu keluarga yang ada di desa-desa.

Diyakininya, posyandu keluarga saat ini bukan hanya diperuntukkan bagi ibu-ibu hamil, melainkan juga bagi masyarakat lansia.

“Itu strategi paling ampuh untuk kita (Lotim, Red) untuk bisa masuk level II bahkan ke level I. Sehingga kita akan genjot vaksin untuk lansia,” terang Drs. HM Juaini Taufik yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim itu.

Dia menyebutkan, pada tanggal 19 Nopember menjadi batas waktu Lotim untuk mencapai herd immunity hingga mencapai 70 persen. Saat ini di Lotim sendiri capaian vaksinasi sudah mencapai angka 61,78 persen. Untuk mencapai herd immunity sebelum batas waktu yang sudah ditentukan, Pemkab Lotim masih membutuhkan setidaknya 120 ribu dosis vaksin lagi.

“Masih tersisa 9 persen. Itu setara dengan 120 vaksin. Informasinya, minggu depan kita dapat 100 ribu dosis vaksin dari Polda-NTB. Itu akan kita kebut sehingga sebelum 19 Nopember kita sudah mencapai herd immunity,” katanya.

Perhari ini stok vaksin di Lotim sebanyak 9 ribu dosis. Stok vaksin yang dimiliki Lotim ini diperkirakan akan habis hari ini.

“Proses vaksinasi sedang berlanjut, stok vaksin ini akan habis hari ini. Kalau kita dapat 100 ribu lagi maka herd immunity akan tercapai sebelum batas waktu yang sudah ditentukan,” tutupnya. (WR-sid)

BACA JUGA  Amankan Investor, Pemkab Lotim Tawarkan Lahan Pengalihan Penggembalaan Ternak Warga
Artikulli paraprakBPJS Kesehatan Beri Penghargaan Kejari Lotim
Artikulli tjetërTapak Tilas Perjalanan Hidup Nabi Muhammad Dapat Ditauladani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini