LOMBOK TIMUR – “Nunas Nede” adalah salah satu budaya yang diwariskan leluhur Desa Kesik, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur (Lotim) yang hingga saat ini masih dilakukan oleh masyarakat setempat.

Gawe adat tahunan masyarakat tani Desa Kesik ini bertujuan memohon ridho sang pencipta, dengan tujuan pada musim tanam berikutnya diberikan air yang berkecukupan, hasil panen yang melimpah, dan memberikan kerukunan antar warga, khususnya di Desa Kesik.

Google search engine
Nunas nede Desa Kesik
Foto : Sebelum menggelar gawe adat nunas nede, masyarakat Desa Kesik terlebih dahulu melakukan ritual du Lingkoq Remetak, salah satu sumber mata air didesa setempat. (doc)

Sebelum menuju Lingkok Tirta Ratu sebagai tempat terakhir pada prosesi “Nunas Nede”, masyarakat terlebih dahulu mengadakan ritual dengan memanjatkan doa kepada yang maha Esa di Lingkoq Remetak (Kolam kecil, Red). Lingkoq Remetak merupakan salah satu sumber mata air yang disakralkan oleh warga setempat.

“Ini sudah dilakukan sejak 100 tahun lalu oleh nenek moyang kami. Dulu setiap tahun para orang tua kami selalu membawa kami untuk melaksanakan kegiatan ini,” terang Kepala Desa (Kades) Kesik Lotim, M Kadri kepada wartawan saat ditemui di Lingkok Tirta Ratu, Desa Kesik, Minggu (14/11).

Adapun ritual khusus pada gawe itu ialah memanjatkan do’a kepada sang Esa, yang dipimpin langsung oleh petua Desa Kesik atau yang biasa dikenal mangku.

Di Lingkoq Remetak sendiri terdapat empat jumlah kolam sebagai tempat penampungan mata air. Disetiap kolam itu sendiri terdiri dari satu mata air. Pun mata air itu adalah salah satu sumber penghidupan masyarakat setempat.

“Mata air itu adalah air yang dikonsumsi masyarakat Desa Kesik, yang dialiri menggunakan pipa,” katanya.

Masyarakat setempat juga meyakini sambungnya, air yang bersumber dari mata air itu bisa membuat seseorang menjadi awet muda.

Terkait dengan budaya, diakui Kadri bahwa desa kelahirannya itu sarat akan budaya. Karena di Desa Kesik terdapat banyaknya kesenian dan budaya yang sudah dianut oleh masyarakat sejak dahulu. Terlebih lagi, budaya Desa Kesik sangat erat dengan budaya Bali.

BACA JUGA  Sekda Lotim : Vaksinasi Bisa Berjalan Harus Libatkan Perangkat Desa

“Kami mampu membuat alat musik dan kesenian lainnya yang dibuat langsung oleh masyarakat, seperti dibuatnya Jaran Jorong. Ini bukan kami datangkan dari luar, melainkan hasil dari karya warga Desa Kesik,” ungkapnya.

Budaya ratusan tahun yang sudah diwariskan oleh nenek moyangnya itu katanya, akan dijaga atau dipelihara dengan sangat baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Lotim, Mugni menyebutkan, hal ini merupakan satu event yang harus dilestaraikan Pemerintah Desa (Pemdes).

Dalam acara itu, ia juga menyinggung pembentukan 91 desa wisata itu. Diakuinya bahwa pembentukan desa wisata itu merupakan sebagai legalitas untuk mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat (Pempus).

“Sekarang banyak bantuan dari pusat yang mengatas namakan desa wisata,” sebutnya.

Ditambahkannya, dengan adanya Surat Keputusan (SK) yang sudah diberikan itu, Pemdes bisa menganggarkan melalui Anggaran Dana Desa (ADD).

Sementara itu, atas berlangsungnya acara “Nunas Nede” mendapatkan apresiasi dari Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, Drs. HM Juaini Taufik, M. Ap yang juga hadir dalam kegiatan budaya tahunan masyarakat tani itu.

Dikatakannya, maju mundurnya suatu desa itu memang ditopang oleh kesadaran masyarakat desa itu. Namun hal itu juga tak terlepas dari kinerja Kades setempat.

“Kalau tidak ada halangan, tahun 2022 mendatang bantuan akan didatangkan ke Desa Kesik,” ucapnya.

Hal itu juga merupakan salah satu peluang untuk dikunjungi oleh wisatawan yang akan berdatangan menonton event-event kelas dunia yang akan diselenggarakan di NTB.

Adapun bentuk dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim sendiri sebutnya, akan terus memberikan fasilitas kepada 91 desa wisata yang sudah diberikan SK.

Desa Kesik lanjutnya, selain menyajikan pemandangan alam yang langsung menghadap gunung Rinjani, Desa Kesik juga terkenal dengan budayanya yang masih terjaga.

BACA JUGA  Sekda Lotim : Latsitarda LXII Diharapkan Jadi Ajang Promosi Pariwisata Lotim

“Di Desa Kesik ini merupakan desa wisata budaya dan alam. Desa Kesik ini juga terkenal dalam memelihara ritual-ritual budayanya,” tutupnya.(WR-sid)

Artikulli paraprakPWI Lombok Timur Gelar Diklat Jurnalistik Dasar Tingkat Pelajar
Artikulli tjetërIACT Ditunda Pekan Depan Demi Keamanan Pembalap

1 KOMENTAR

  1. Cool website!

    My name’s Eric, and I just found your site – wartarinjani.net – while surfing the net. You showed up at the top of the search results, so I checked you out. Looks like what you’re doing is pretty cool.

    But if you don’t mind me asking – after someone like me stumbles across wartarinjani.net, what usually happens?

    Is your site generating leads for your business?

    I’m guessing some, but I also bet you’d like more… studies show that 7 out 10 who land on a site wind up leaving without a trace.

    Not good.

    Here’s a thought – what if there was an easy way for every visitor to “raise their hand” to get a phone call from you INSTANTLY… the second they hit your site and said, “call me now.”

    You can –

    Talk With Web Visitor is a software widget that’s works on your site, ready to capture any visitor’s Name, Email address and Phone Number. It lets you know IMMEDIATELY – so that you can talk to that lead while they’re literally looking over your site.

    CLICK HERE https://talkwithwebvisitors.com to try out a Live Demo with Talk With Web Visitor now to see exactly how it works.

    Time is money when it comes to connecting with leads – the difference between contacting someone within 5 minutes versus 30 minutes later can be huge – like 100 times better!

    That’s why we built out our new SMS Text With Lead feature… because once you’ve captured the visitor’s phone number, you can automatically start a text message (SMS) conversation.

    Think about the possibilities – even if you don’t close a deal then and there, you can follow up with text messages for new offers, content links, even just “how you doing?” notes to build a relationship.

    Wouldn’t that be cool?

    CLICK HERE https://talkwithwebvisitors.com to discover what Talk With Web Visitor can do for your business.

    You could be converting up to 100X more leads today!
    Eric

    PS: Talk With Web Visitor offers a FREE 14 days trial – and it even includes International Long Distance Calling.
    You have customers waiting to talk with you right now… don’t keep them waiting.
    CLICK HERE https://talkwithwebvisitors.com to try Talk With Web Visitor now.

    If you’d like to unsubscribe click here http://talkwithwebvisitors.com/unsubscribe.aspx?d=wartarinjani.net

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini