LOMBOK TIMUR – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Lombok Timur (Lotim) tengah dalam sorotan lembaga dewan. Lelang jabatan direksi terutama PT. Energi Selaparang dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang ditinggal direksi sebelumnya lantaran tidak memberikan kontribusi berarti bagi daerah.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lotim, Murnan, SP.d, menyoroti problem BUMD di Lotim yang dinilai lebih disebabkan persoalan manajemen.

Google search engine

Keberadaan BUMD di Lotim untuk saat ini masih harus dievaluasi dulu. Baginya, siapapun yang bisa memimpin perusahaan daerah itu sepanjang mampu memberikan kontribusi besar bagi daerah, tidak ada alasan untuk tidak dipertahankan.

“Siapapun dia, asalkan mampu menjalankan bisnis dengan baik dan berkontribusi bagi daerah, silakan,” jelas Murnan, SP.d kepada wartawan.

Dikatakan Murnan, menjalankan bisnis dengan baik dan profesional dengan rencana bisnis yang terukur, tentunya daerah dapat menganggarkan melalui penyertaan modal.

Namun, penyertaan modal itu bukan berarti digunakan untuk pembiayaan operasional BUMD tersebut. Selama ini kata Murnan, praktek yang terjadi penyertaan modal yang diberikan include biaya operasional perusahaan.

“Kalau kinerja bagus, kurva bisnis mengalami peningkatan tentunya layak untuk dipertahankan,” tegasnya.

Sebaliknya, apabila usaha bisnis mengalami kerugian secara terus menerus dan tidak memberikan aktivitas kepuasan atas kinerjanya, akan dievaluasi kembali. Bahkan, bila perlu BUMD tersebut dibubarkan.

“Kalau tidak memenuhi syarat untuk menjalankan bisnis, kita bubarkan saja. Evaluasi ini dilakukan dengan pertimbangan apakah mau bubar atau tetap dijalankan,” ujar Murnan.

Disinilah tantangan pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan, sehingga bisnis usaha yang selama ini berjalan dapat memberikan kontribusi. Baik bagi perusahaan itu sendiri maupun bagi daerah. (WR-di)

BACA JUGA  2022, Penyertaan Modal BUMD Akan Ditambah
Artikulli paraprakMenkop Dorong UMKM NTB Dirikan Koperasi Pangan
Artikulli tjetërBawa 26 Penumpang, Dump Truk Terjun Ke Jurang, 1 Korban Tewas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini