LOMBOK TIMUR – Dari 541 jumlah koperasi yang tersebar di Lombok Timur (Lotim), hanya 239 yang aktif dan sisanya mati suri. Tak sedikitnya koperasi yang mati suri itu membuat Bupati Lotim, Drs. HM Sukiman Azmy meminta Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Lotim untuk memberdayakannya.

“Berdayakan seluruh koperasi ini, salah satunya melalui penggabungan koperasi di masing-masing tingkatan. Dengan begitu seluruh koperasi menjadi berdaya. Apalagi kementerian Koperasi menjanjikan dukungan pendanaan hingga miliaran rupiah bagi gabungan Koperasi,” tegas Sukiman pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekopinda Lotim, pada Sabtu (27/11).

Google search engine

Pada Rakerda bertema meningkatkan silaturahmi dan koordinasi dalam mewujudkan koperasi yang maju dan mandiri, serta siap bersaing di era digital itu, Sukiman pinta Dekopinda Lotim untuk melakukan konsolidasi dan koordinasi untuk memajukan Koperasi di gumi patuh karya ini.

Selain itu, Sukiman juga meminta Dekopinda Lotim untuk melakukan inventarisasi aset-aset koperasi yang ada di Lotim. Karena secara kewenangan, Dekopinda menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki wewenang untuk melakukan hal itu.

Berdasarkan pandangan orang nomor satu di Lotim itu, sejumlah aset Koperasi saat ini banyak yang dikelola secara pribadi.

“Saya harap dengan inventarisasi pengelolaannya menjadi lebih baik,” katanya.

Di hadapan Ketua Dekopin Wilayah Provinsi NTB itu, Sukiman mengingatkan penting pula mendorong digitalisasi koperasi. Tidak hanya untuk kemajuan melainkan pula untuk keterbukaan.

Sukiman berharap Dekopinda dapat melakukan pembinaan kepada koperasi yang masih tidak tertangani dengan baik. (WR-sid)

BACA JUGA  Bapenda Lotim Kejar Para Wajib Pajak
Artikulli paraprak2022, Penyertaan Modal BUMD Akan Ditambah
Artikulli tjetërAntisipasi Bencana Alam, Pemkab Lotim Siapkan Seluruh Unsur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini