LOMBOK TIMUR – Upah Minimum Kabupaten (UMK) di Lombok Timur mengalami kenaikan meskipun nilainya kecil dari sebelumnya. Kenaikan UMK pada tahun 2022 mendatang besarannya sekitar 1 persen atau Rp. 23.135. Sebelumnya, UMK Lotim sebesar Rp. 2.184.197 menjadi Rp. 2.207.211.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lotim, H. Supardi menyebutkan, berdasarkan aturan yang berlaku, kenaikan UMK Lotim setelah Upah Minimum Provinsi (UMP) ditetapkan. Adapun UMP saat ini setelah ditetapkan yakni sebesar Rp. 2.207.211. Dalam aturan sendiri, penetapan UMK tidak boleh rendah dari UMP, minimal UMK dan UMP sama atau UMK lebih tinggi.

Google search engine

“Kenaikan UMK ini kita memilih sama dengan UMP,” ucap Supardi kepada wartawan, Senin (29/11).

Upah minimum yang ditetapkan itu berdasarkan pada formulasi di Peraturan Pemerintah no 36 tahun 2021, dengan pertimbangan pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Dikatakan Supardi, dari hasil hitungan formulasi itu, ditemukan angka UMK lebih rendah dari UMP yaitu sebesar 2.205.198. namun karena aturan tidak memperbolehkan UMK lebih rendah dari UMP, maka besaran UMK disamakan dengan UMP.

“Saat ini pertumbuhan ekonomi di NTB inflasinya lebih tinggi, sehingga yang menjadi dasar penetapan yaitu pertumbuhan inflasi,” katanya.

Meski terdampak inflasi sambungnya, UMK Lotim tetap dinaikkan karena harus menyesuaikan dengan UMP yang terlebih dahulu di naikkan. Namun kenaikan itu tidak terlalu besar yaitu kurang dari satu persen atau sebesar 23.135 rupiah.

Upah minimum itu belum di tetapkan, namun UMK itu merupakan hasil rapat yang telah di sepakati bersama dengan dewan pengupahan Lotim.

“Rencananya angka itu akan di tetapkan pada 30 Desember mendatang,” pungkasnya. (WR-sid)

BACA JUGA  Desa Kumbang Raih Peringkat 5 Terbaik Nasional Implementasi KIP
Artikulli paraprakTurnamen Larva Cup III ajang Pencarian Pesepak Bola Handal
Artikulli tjetërKabaharkam Polri Hadiri Kampung Sehat 2 Award, Lotim Raih Juara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini