LOMBOK TIMUR – Jembatan penghubung dua pulau, Gili Re dan Gili Beleq, Desa Paremas, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur (Lotim) sedianya akan diresmikan Kapolda NTB Irjen. Pol. M. Iqbal, SIK, MH pada tanggal 22 Desember mendatang.

Jembatan yang dibangun menggunakan dana APBD Lotim 2021 menelan biaya sebesar Rp. 2.5 miliar dengan panjang 241 meter memiliki sejuta manfaat bagi masyarakat kedua pulau.

Google search engine

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lotim, Purnama Hadi, jembatan penghubung antar kedua gili dihajatkan untuk memperlancar akses roda perekonomian masyarakat sekitarnya. Disamping sebagai jalan penghubung para pelajar yang bersekolah ditempat lain.

“Selama ini anak-anak kita yang bersekolah menggunakan perahu  jika air laut pasang. Bahkan beberapa diantaranya terpaksa melepas atribut sekolah ketika melewati air di waktu surut,” ujar Purnama Hadi kepada wartarinjani.net, Selasa (14/12).

Jembatan ini pun kata dia, menjadi akses jalan penghubung bagi warga lain untuk melakukan transaksi jual beli warga sekitar ataupun masyarakat lainnya. Yang terpenting, silaturrahmi antara warga menjadi lebih mudah.

“Jembatan ini menjadi skala prioritas pak Bupati Lotim yang sempat tertunda 8 tahun silam diakhir masa jabatannya. Dan sekarang baru bisa terealisasi,” terangnya.

Bagi Purnama Hadi, pembangunan jembatan penghubung ini hanya menghubungkan dua pulau disekitarnya saja. Selanjutnya, jika anggaran memungkinkan, Dishub Lotim berencana akan membangun akses melalui jalan darat yang menghubungkan antara Desa Paremas dengan Gili Beleq yang panjangnya hampir sama dengan jembatan yang telah dibangun.

“Dari desain dan kondisi geologi setempat bisa memungkinkan untuk dibuat jalan penghubung melalui darat antara Gili Beleq ke Desa Paremas. Mudah-mudahan bisa terlaksana untuk mewujudkan roda ekonomi masyarakat,” ujar Purnama Hadi. (WR)

BACA JUGA  Vaksinasi di Lotim Masih Jauh Dari Target
Artikulli paraprakGempa Berkekuatan 7.5 SR Guncang NTT, NTB Waspada
Artikulli tjetërBerkas Perkara ‘Polisi Tembak Polisi’ Masih P-19

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini