LOMBOK TIMUR – Sekitar 8 Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim) hingga saat ini belum mengusulkan tenaga honor (Honda) yang akan dirasionalisasi atau tidak diperpanjang kontraknya pada tahun 2022 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim, Salmun Rahman mengungkapkan bahwa jumlah yang akan diusulkan oleh masing-masing OPD itu belum diketahui secara pasti.

Google search engine

“Pengusulan itu sudah ada, tinggal delapan OPD yang belum,” ujar Salmun kepada wartawan saat ditemui di kantor DPRD Lotim, Selasa (28/12).

Menurut data tahun 2021, jumlah Honor Daerah (Honda) di Kabupaten Lotim sebanyak 14.704 orang. Dari jumlah itu, ia belum mengetahui berapa jumlah yang akan diusulkan untuk dirasionalisasikan.

“Besok kita lihat, apakah yang diusulkan itu akan bertambah atau berkurang,” katanya.

Dari jumlah Honda yang ada sambungnya, tidak menutup kemungkinan bahwa Honda itu sudah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau lulus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K).

“Bisa jadi dia berkurang, apakah kekurangannya itu ditambah atau diganti,” sambungnya.

Rasionalisasi itu bukan hanya soal kontrak yang akan habis, melainkan juga beberapa alasan. Untuk itu, pihak BKPSDM bertugas untuk mengingatkan dan memberitahukan kepada OPD terkait dengan keluhan para Honda yang diterimanya selama ini.

“Ada yang mengatakan kalau gaji selama empat bulan belum diterima, ada yang bertahun-tahun belum dapatkan SK. Itu keluhan-keluhan yang perlu kita dengar,” ujarnya.

Salmun menambahkan, kewenangan untuk pengusulan tenaga Honda kini berada ditangan bupati. Namun pengangkatan tenaga Honda dilakukan atas pertimbangan kebutuhan sesuai dengan spesifikasi. (WR-sid)

BACA JUGA  Hari Ini, Penyeberangan Kayangan - Poto Tano Kembali Ditutup
Artikulli paraprakRatusan Nakes di Lotim Diberhentikan Sejak 2021
Artikulli tjetërPohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Selong

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini