LOMBOK TIMUR – Penyederhanaan birokrasi akan dilakukan dan eselon tingkat IV akan ditiadakan. Sebagai gantinya, eselon IV akan dirubah menjadi jabatan fungsional.

Pemberlakuan penyederhanaan birokrasi itu sebenarnya mulai berlaku tanggal 31 Desember ini, tetapi kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim, Salmun Rahman, pihaknya masih menunggu kejelasan dari pusat.

Google search engine

“Merubah itu perlu yang bersangkutan dilantik, bagaimana kepangkatan yang bersangkutan. Kalau jabatan fungsional angka kredit yang dilihat, bagaimana perhitungannya. Penjelasan Ini yang belum kami dapatkan,” ujar Salmun kepada wartawan saat ditemui di kantor DPRD Lotim, Selasa (29/12) kemarin.

Menurut informasi yang diterima, 160 yang sudah disetujui untuk penyederhanaan birokrasi. Di Lotim sendiri, jumlah orang yang menjabat eselon III sebanyak 220 orang, sedangkan pada eselon IV sekitar 400 orang lebih.

‘Penyederhanaan birokrasi di Lotim tetap akan dilakukan. Sejauh ini sudah dilakukan pengusulan,” katanya

Dikatakan, tidak semua instansi di Lotim akan terkena penyederhanaan birokrasi. Namun penyederhanaan birokrasi itu hanya akan berlaku di Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) saja.

“Camat, Pol-PP dan kelurahan tidak kena penyederhanaan birokrasi. Penyederhanaan birokrasi itu hanya berlaku di dinas-dinas,” sebutnya.

Tujuan dari penyederhanaan itu untuk mempermudah birokrasi, karena birokrasi yang terlalu panjang juga cenderung merugikan masyarakat. Tujuan lainnya ialah untuk menghargai keahlian seseorang.

“Keuntungannya nanti mereka tidak tergantung dengan jabatan struktural,” katanya.

Jabatan fungsional juga disebutnya bisa sertifikasi. Hitung-hitungannya pun diklaim Salmun lebih besar.

“Jabatan fungsional ini bisa saja sertifikasi. Lebih besar hitung-hitungannya. Karena mereka ada ada standarnya,” tutupnya. (WR-sid)

BACA JUGA  Bupati Lotim Di Daulat Membuka Grand Final Indonesia Top Model dan Bazar UMKM di Jakarta
Artikulli paraprakIKLAN
Artikulli tjetërASN Dilarang Menambah Waktu Libur Selain 1 Januari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini