LOMBOK TIMUR – Pada tahun 2021 ini, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mengalami kenaikan sekitar 0,14 persen dibandingkan dengan tahun 2020 lalu. Pada tahun lalu, jumlah penduduk miskin di Lotim berjumlah 15,24 persen atau sebanyak 183.840 jiwa. Kini angka itu naik menjadi 15,38 persen atau 190,840 jiwa.

“Dari angka itu, terdapat 7.000 penduduk miskin Lotim yang baru selama pandemi Covid-19,” terang Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lotim, Lalu Putradi kepada wartawan, Kamis (30/12).

Google search engine

Kenaikan jumlah penduduk miskin itu rupanya tidak hanya terjadi Lotim, melainkan juga dialami semua daerah secara nasional. Namun di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), jumlah penduduk miskin di Lotim duduki peringkat ketiga dari kabupten/kota lainnya.

“Kenaikan angka kemiskinan di Lotim ini berada dibawah rata-rata provinsi NTB 0,17 persen dan rata-rata nasional 0,36 persen. Kenaikan penduduk miskin Lotim lebih rendah dibandingkan NTB dan nasional,” sebut Putradi.

Dari hasil analisis data BPS, ada empat indikator penyebab kenaikan kemiskinan. Pertama, karena disebabkan oleh pandemi Covid-19. Kedua, terjadinya inflasi 2021 dengan angka yang cukup tinggi. Ketiga, disebabkan karena upah buruh tahun 2021 ini turun 8,77 persen dibandingkan 2020. Keempat, bantuan sosial yang digelontorkan pemerintah masih belum 100 persen tepat sasaran.

“Ada orang yang mampu masih menerima bantuan. Masih ada ditemukan kelompok masyarakat mampu menerima bantuan dan ini bukan jadi rahasia umum,” sebutnya.

Di tahun 2022 mendatang, ia berharap jumlah penduduk miskin dapat menurun. Dan menyarankan agar bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat agar lebih tepat sasaran.

“Semoga bantuan sosial yang diberikan ini lebih tepat sasaran, kalau pandemi sendiri sulit untuk melawannya. Saya harap tidak ada lagi kasus baru Covid-19 dan ekonomi makin membaik, sehingga kemiskinan juga menurun,” ujarnya. (WR-sid)

BACA JUGA  PAD Lotim Tahun 2022 Diyakini Capai Target
Artikulli paraprakIKLAN
Artikulli tjetër1 Januari, Tarif Penyeberangan Kayangan – Poto Tano Naik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini