LOMBOK TIMUR – Markas Pondok Pesantren (Ponpes) As-Sunnah yang berlokasi di jalan Raya Bagik Nyaka, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur (Lotim) diserang oleh segerombolan Orang Tak Dikenal (OTK). Penyerangan yang dilakukan pada Minggu (2/1), sekitar pukul 02.00 dinihari.

Dalam penyerangan itu, berbagai fasilitas ponpes dirusak. Mulai dari kendaraan roda dua maupun empat yang terparkir dihalaman ponpes itu dirusak, bahkan satu unit kendaraan roda empat dibakar. Tidak hanya itu, beberapa fasilitas lainnya juga ikut menjadi sasaran penyerangan itu.

Google search engine

Irwandi, salah satu saksi yang juga merupakan satpam di ponpes itu menuturkan, pada saat terjadi penyerangan, keadaan sekitar sedang sepi. Terlihat hanya satu orang petugas sedang piket di pos penjagaan ponpes setempat.

“Kejadiannya tengah malam. Tiba-tiba ada sekelompok orang yang kita tidak dikenal datang dan langsung melakukan pengerusakan dan membakar mobil yang terparkir di halaman Ponpes,” tutur Irwandi salah seorang saksi mata kepada wartawan, Minggu (2/1).

Selain memakai cadar untuk menutup diri, para pelaku yang diperkirakan berjumlah seratus orang itu mempersenjatai dirinya dengan parang dan senjata tajam lainnya. Para pelaku penyerangan juga sambungnya, mengikat kepalanya dengan kain putih.

“Tidak ada yang saya kenal, soalnya mereka memakai cadar semua. Mereka dateng menggunakan mobil dan ada yang jalan kaki, mereka datang dari arah Selatan,” katanya.

Melihat kondisi yang tidak memungkinkan, ia langsung mengamankan diri dan melaporkan kejadian itu ke pengurus ponpes. Dan setelah melakukan pengerusakan, para pelaku langsung pergi.

“Saat itu juga kita langsung melaporkannya kejadian ini ke pihak kepolisian,” sebutnya.

Selain Irwandi, hal sama juga disampaikan saksi lainnya, Darni. Ia mengatakan bahwa para pelaku penyerangan tidak hanya membakar dan melakukan pengerusakan di areal ponpes. Namun, para pelaku juga merusak rumah warga yang ada disekitar.

BACA JUGA  Lagi, 9 WBP Lapas Selong Dapatkan Asimilasi

“Mereka datang dari arah Selatan. Mereka juga merusak rumah dan lapak warga sekitar yang tidak jauh dari ponpes,” imbuhnya.

Dilokasi kejadian, beberapa petugas bersenjata sudah siap siaga untuk melakukan penjagaan. Terlihat juga tim Inafis Polda NTB sudah berada di lokasi untuk melakukan olah TKP.

Sejauh ini, belum diketahui secara persis motif penyerangan oleh OTK. Namun diduga kuat pengrusakan bangunan dan kendaraan milik Ponpes As-Sunnah Bagik Nyaka lantaran ceramah Ustadz Mizan Qudsiah, Lc yang sempat viral media sosial beberapa hari lalu. (WR-sid)

Artikulli paraprak388 Pejabat Fungsional Lotim Dilantik
Artikulli tjetërTerkait Penyerangan Ponpes As-Sunnah, Polda NTB Minta Warga Tenang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini