LOMBOK TIMUR – Kepala Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat (NTB) Nuryanti, SE, MM berjanji akan mengembalikan kejayaan UPT Logam Kotaraja, Lombok Timur (Lotim) sebagai sentra pengolahan logam di NTB.

Diyakini Nuryanti, mesin-mesin dibuat dan diproduksi di UPT Logam Kotaraja ini nantinya dapat mensuplai kebutuhan pasar di NTB bahkan secara nasional.

Google search engine

Namun sebelumnya, kata dia, produksi mesin-mesin yang dihasilkan nantinya harus melalui proses test report dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) dari kementerian pertanian untuk memperoleh sertifikasi. Sehingga mesin-mesin yang diproduksi disini bisa masuk e-katalog baik daerah maupun nasional.

“Minimal e-katalog daerah, sehingga OPD lainya semisal Dinas Pertanian, Peternakan, Perkim dan lain sebagainya dapat menggunakan produk lokal sepanjang tidak menyalahi aturan yang berlaku,” ujar Nuryanti.

Dia berharap, mesin apapun yang diproduksi di NTB ini akan mengacu pada teknisi-teknisi yang dihasilkan oleh UPT Logam Kotaraja.

“Kerjasama Dinas Perindustrian NTB dan Pemkab Lotim akan mengembalikan kejayaan Kotaraja ini sebagai pusat sentra pengolahan logam untuk mensuplai kebutuhan NTB bahkan nasional,” ujarnya.

Nuryanti kembali meyakinkan, mesin kemasan untuk produksi kuliner atau jajanan dapat dibuat di UPT Logam Kotaraja. Di NTB, terdapat 5 industri pengolahan yang sudah mendapatkan pengakuan dan memiliki masa ketahanan yang cukup lama. Seperti produksi kemasan kuliner Ayam Rarang, Sate Bulayak dan Ayam Taliwang. Demikian pula alat kosmetik yang saat ini diproduksi di Lombok Barat dan Mataram.

“Kemasan kuliner Sate Bulayak, Ayam Rarang dan Ayam Taliwang bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya,” ujar Nuryanti. (WR)

BACA JUGA  BI-Pemkab Lotim Ajak Pelaku Usaha Galakkan Demplot Cabai
Artikulli paraprakPTM Sekolah di Lotim Mulai Normal
Artikulli tjetërDihadapan Kapolda NTB, Ketum PBNW Sebut NW Ormas Cinta Damai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini