LOMBOK TIMUR – Informasi menjadi sangat penting dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Termasuk menginformasikan tentang hasil kerja dan prestasi kerja Pemerintah.

Tentunya, informasi yang disampaikan haruslah tepat dan akurat. Selain meningkatkan kepercayaan terhadap pemerintah diharapkan dapat pula mendorong geliat pembangunan di daerah ini.

Google search engine

Hal itu diungkapkan Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy saat menerima rombongan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan statistik Provinsi NTB, Rabu (2/2).

Pada acara yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati tersebut ditekankan pula pentingnya peran Dinas Komunikasi Informasi sebagai OPD strategis di setiap tingkatan, mengingat informasi sebagai komoditas penting.

“Penyebaran informasi harus disampaikan kepada masyarakat luas agar masyarakat dapat mengetahui capaian pemerintah selama ini,” ujar Sukiman Azmy.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB Najamuddin Amy menyampaikan bahwa pihaknya hendak menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Gubernur NTB dengan Bupati dan Walikota yang dilakukan pada peringatan HUT Provinsi NTB ke-63 beberapa waktu.

Maksudnya, untuk memberikan penjelasan secara rinci MoU terkait pengelolaan teknologi informasi komunikasi, informasi dan komunikasi publik, statistik, persandian dan keamanan Informasi itu.

Selain mengingatkan kabupaten/ kota untuk melibatkan dinas kominfo dalam hal pengelolaan data menuju satu data Indoensia, ia juga meminta agar Kabupaten Lombok Timur dapat memanfaatkan aplikasi yang dikembangkan Pemprov NTB.

“Aplikasi seperti NTB Care diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, termasuk di bidang kesehatan dan sosial,” harap Najamuddin Amy.

Ia percaya aplikasi yang bersifat terbuka ini akan mendukung Lombok Timur yang dinilai sebagai kabupaten paling informatif ke-3 di NTB  dan paling responsive terhadap berbagai persoalan masyarakat.

BACA JUGA  Bantu Pulihkan Ekonomi, Pasar Tani Lakukan Bazar bersama 13 UMKM Pedesaan

Najamuddin juga berharap Pemda Kabupaten Lombok Timur dapat segera mensosialisasikan dan menerapkan penggunaan tandatangan elektronik sebagai bagian dari percepatan digitalisasi.

Acara tersebut dihadiri pula Sekda, jajaran Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Lombok Timur, Kepala Bappeda Lotim, dan Kepala Bagian Kerja Sama Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur. (WR)

Artikulli paraprakPengacara : Bank BNI Bandung Harus Bertanggung Jawab Dalam Kasus Dermaga Labuhan Haji
Artikulli tjetërSekda Lotim : MHQ Upaya Membumikan Al-Quran

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini