LOMBOK TIMUR – Pagelaran Balap Motor paling popular di dunia, MotoGP  yang akan berlangsung Maret 2022 mendatang di Pertamina Mandalika International Street Circuit semakin dimatangkan persiapannya.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI, Angela Tanoesudibjo memimpin rapat virtual untuk singkronisasi yang diselenggarakan pada Rabu (2/2). Rapat ini selain diikuti berbagai kementerian dan Lembaga terkait, juga diikuti kepala daerah di provinsi NTB, termasuk Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy.

Google search engine

Bupati Lotim pada kesempatan itu didampingi Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, serta Ketua BPPD Lombok Timur.

Salah satu yang mengemuka pada rapat kali ini adalah harga sewa stand bazar yang disediakan ITDC bagi pelaku UKM. Gubernur NTB DR. Zulkieflimansyah pada rapat tersebut menilai harga yang ditawarkan akan sulit dijangkau pelaku UKM di daerah ini. Kendati ia juga menyadari standar yang ditetapkan pihak Dorna Sport. Karena itu ia menawarkan solusi agar bank BUMN dapat membantu memfasilitasi pelaku UMKM mendapatkan lapak tersebut.

Akan tetapi Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)  Abdulbar M. Mansoer menjelaskan bahwa keberadaan stand bazaar yang tersedia di dalam sirkuit sangatlah terbatas, demikian juga yang dapat mengaksesnya, yaitu hanya pengunjung yang telah memiliki tiket. Harga sewa yang ditetapkan serta standar lainnya juga mengacu pada standar Dorna.

Karena itu ia menilai lokasi yang dapat dioptimalkan bagi UKM lokal adalah 300 unit kios yang disediakan di luar sirkuit. Lokasi kios-kios tersebut juga strategis sebab dekat dengan tempat parkir, masjid, dan sarana lainnya sehingga dapat diakses oleh lebih banyak pengunjung. Bahkan yang tidak membeli tiket MotoGP sekalipun.

BACA JUGA  2022, Pemkab Lotim Rencanakan Bangun Puskesmas Pancor

“Pemerintah Daerah maupun Kementerian terkait dapat melakukan kurasi lebih ketat terhadap kualitas produk UKM yang dipasarkan di kawasan tersebut,” harap Abdulbar Mansyur dalam pertemuan via zoom meeting itu.

Sementara itu, Deputi bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman menyampaikan, pihaknya siap melakukan promosi pameran UKM Expo Mandalika melalui berbagai media serta sejumlah program lainnya seperti fasilitasi camping ground  bagi bikers  yang akan melakukan touring ke pulau Lombok. (WR)

Artikulli paraprakSekda Lotim : MHQ Upaya Membumikan Al-Quran
Artikulli tjetërKejari Lotim Cekal Komisaris PT GKN, Tersangka Dugaan Korupsi Dermaga Labuhan Haji

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini