LOMBOK TIMUR – Penanaman bibit bakau yang diinisiasi Pemuda Panca Marga (PPM) sebagai bagian dari Gerakan Penanaman Sejuta Pohon Nasional (GSPN) di kawasan Gili Petagan, Sambelia, mendapat apresiasi Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy.

Hutan mangrove atau bakau memiliki peran penting melindungi pantai dari abrasi, sekaligus mendukung kelestarian laut yang menjadi sumber kehidupan bagi para nelayan. Potensi besar yang dimiliki hutan mangrove, baik dalam sektor ekonomi maupun kelestarian lingkungan hidup sudah selayaknya didukung oleh masyarakat dan elemen lainnya.

Google search engine

Karena itu  Bupati Lotim, Sukiman Azmy dalam pencanangan penanaman bakau, Sabtu (12/2) tersebut mengaku sepakat bahwa bakau yang ditanam hari ini akan dinikmati oleh generasi berikutnya.

Diakuinya penanaman tersebut akan memberikan keberlangsungan hidup bagi makhluk-makhluk laut lainnya, seperti ikan, kepiting dan lobster.

Ia berharap apa yang dilakukan PPM ini dapat diikuti dan dilanjutkan oleh organisasi kemasyarakatan lainnya.

Sejalan dengan tema HUT PPM ke-41 “Dengan Semangat Tri Dharma Bhakti Pemuda Panca Marga yaitu Patriotisme, Idealisme, dan Solidaritas Pemuda Panca Marga Bertekad Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa,” Bupati Sukiman berpesan kepada seluruh anggota PPM Lombok Timur agar melakukan konsolidasi organisasi.

“Konsolidasi itu penting untuk menguatkan peran dan keberadaan organisasi,” ujar Sukiman.

Selain konsolidasi, kata dia, koordinasi juga penting untuk diversifikasi program. Bahkan ia meminta PPM Lombok Timur berkoordinasi dengan OPD terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk pelestarian nilai-nilai dan semangat juang ’45  sebagai salah satu tujuan keberadaan PPM.

Upaya tersebut diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk lebih banyak melakukan kegiatan positif, di tengah banyaknya sorotan negatif terhadap pergaulan generasi muda saat ini. Apalagi, generasi muda saat ini banyak pula yang tidak hafal lagu Indonesia Raya dan Pancasila.

BACA JUGA  Sambut WSBK, Lotim Tawarkan Wisata Murah Meriah

“Anak-anak kita belum bisa mengaplikasikan apa yang sudah dilakukan oleh para senior, anggota veteran yang berjuang tanpa pamrih,” ujarnya.

Masih terkait perilaku, Sukiman juga berpesan agar masyarakat bijak dalam memanfaatkan media, terutama media sosial.

Pada pencanangan yang merupakan rangkaian HUT PPM ke-41 tersebut Bupati Sukiman juga menyampaikan kondisi Lombok Timur di tengah pandemi covid-19 yang kini terimbas menyebarnya varian omicron. Karena itu Bupati Lotim mengimbau agar masyarakat tetap menegakkan protokol kesehatan dan membatasi aktivitas.

Selain penanaman bibit pohon bakau di pantai Gili Petagan oleh ketua Pengurus Pusat PPM dan jajaran pengurus lainnya, juga TNI Polri acara tersebut dirangkaikan pula kegiatan Donor Darah Nasional. (WR)

Artikulli paraprakDirut ITDC: Tidak Mudah Sirkuit Baru Diberi Kesempatan Tes Pra Musim
Artikulli tjetërSosok Petugas Dibalik Kesuksesan Gelaran Moto GP Mandalika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini