LOMBOK TIMUR – Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Lombok Timur menjadi salah satu tuan rumah lokasi sosialisasi dan Bimbingan Teknis Desa Wisata ‘Indonesia Bangkit’ Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022.

Selain Desa Tetebatu terdapat 8 provinsi lainnya yang tengah mengikuti sosialisasi dan Bimtek yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Google search engine

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Sandiaga S. Uno secara langsung meninjau Desa Tetebatu, salah satu desa wisata terbaik dunia Best Tourism Village (BTV) yang digagas United National World Tourism Organization (UNWTO) belum lama ini.

Kedatangan mantan cawapres yang berpasangan dengan Prabowo Subianto itu disambut Bupati Lombok Timur, Drs. HM. Sukiman Azmy di Desa Tetebatu, Minggu (20/2). Kedatangannya sekaligus untuk memenuhi janjinya yang belum sempat mengunjungi Desa Tetebatu pada ajang BTV 2021 silam.

Kehadiran Mas Menteri demikian Sandiaga Uno disapa, selain menyapa masyarakat Lombok Timur juga untuk memberikan motivasi kepada 300 peserta Sosialisasi dan Bimtek Desa Wisata dari 9 provinsi. Baik melalui offline maupun secara online.

Dalam arahannya, Sandiaga Uno mengakui jika dalam dua tahun terakhir, kunjungan wisatawan menurun drastis. Tentunya, berdampak pada penurunan pendapatan dan ekonomi secara global.

Program anugrah desa wisata sebagai daya tarik wisatawan nantinya bisa membangkitkan sektor pariwisata.

“Mari kita bergotong royong mengatasi masalah yang kita hadapi seperti terjadinya pengangguran, kehilangan mata pencaharian, ekonominya menurun. Mulai sekarang kita akan launching program desa wisata,” jelas Sandiaga Uno saat menyampaikan spirit didepan peserta Bimtek di aula kantor Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Lotim.

Keikutsertaan desa wisata dalam ajang anugrah desa wisata tingkat nasional kata Sandiaga Uno, akan diikutkan dalam ajang Best Tourism Village pada 27 September 2022 mendatang.

BACA JUGA  Sekali Klik, Data SEMPAD Dapat Diakses

“Sekitar 3000 desa wisata akan mengikuti lomba anugrah desa wisata nantinya. Siapa yang terpilih tentunya akan mengikuti ajang BTV yang diselenggarakan UNWTO,” katanya.

Usai menghadiri sosialisasi dan Bimtek, Sandiaga Uno kemudian meninjau museum Tetebatu di wisma Soedjono dan menebar 50 ribu bibit ikan di lokasi wisata ulem-ulem. (WR)

Artikulli paraprakLotim Usulkan 150 Desa Ikuti Anugrah Desa Wisata 2022
Artikulli tjetërHarlah NU Ke 96, Bupati Lotim Ingatkan Setiap Informasi Ditelaah Lebih Dulu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini