LOMBOK TIMUR – Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur meraih penghargaan sebagai peringkat I penilaian kinerja pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2021 di tingkat nasional, tak lepas dari capaian kinerja masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Lombok Timur, H. Hasni, SE, M.Ak menyatakan, prestasi yang diraih Pemkab Lotim atas penghargaan tingkat nasional itu sebagai bagian untuk menghantarkan daerah seribu masjid ini kepada pencapaian visi dan misi Lombok Timur yang adil, sejahtera dan aman.

Google search engine

Capaian ini pun kata Hasni, karena hasil kinerja masing-masing OPD. Sehingga, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negera (KPPN) Selong, memberikan apresiasi kepada OPD yang dinilai menjalankan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) secara konsisten. Atas keberhasilan itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lotim menjadi OPD terbaik I hasil capaian kinerja DAK Fisik tahun 2021. Disusul Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lotim terbaik II dan Dinas Kesehatan (Dikes) terbaik III.

“Capaian kinerja pengelolaan DAK Fisik Dinas PUPR Lotim rata-rata diatas 90 persen. Tetapi cara penilaian itu dihitung per bidang,” papar Hasni kepada wartarinjani.net.

Hasni mencontohkan pekerjaan jalan pada Dinas PUPR Lotim secara reguler capaiannya 99,7 persen dari penyaluran data kontrak ke penyaluran RKUD. Meski penyalurannya masih tersisa Rp. 9 juta lebih.

“Sisa anggaran tersebut untuk kegiatan-kegiatan kecil semisal ATK atau perjalanan dinas. Tapi pekerjaan fisik sudah 100 persen. Demikian juga pada pekerjaan Air Minum capaiannya 98,4 persen. Ada juga air minum untuk stunting dengan capaian 99,12 persen,” jelasnya.

Demikian pula pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lotim. Untuk Bidang SD capaiannya 99,1 persen, SMP mencapai 99,81 persen, PAUD sekitar 97,57 persen. Demikian pula pada Bidang Sanggar Kegiatan Belajar capaiannya 91,15 persen.

BACA JUGA  8 Persen Masyarakat Lotim Masih BAB Sembarangan

“Dengan capaiannya secara keseluruhan kinerja pengelolaan DAK Fisik 2021 ini 99,54 persen menjadikan Lombok Timur terbaik I tingkat nasional,” kata Hasni.

Capaian terbaik yang diberikan oleh ketiga OPD tersebut bukan berarti OPD lainnya tidak memiliki hasil kinerja. Kata Hasni, OPD yang lainnya pun memiliki hasil yang baik. Hanya saja ketiga OPD itu menjadi yang terbaik menurut penilaian Kementerian dan kelembagaan Keuangan RI melalui KPPN Selong. (WR)

Artikulli paraprakDunia Islam Merespon TOA (Part 1)
Artikulli tjetërUcapan Isra’mi’raj Gawah Lauk Foundation

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini