LOMBOK TIMUR – Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II dan III Lingkup Pemda Kabupaten Lombok Timur Tahun Anggaran 2022, dibuka secara resmi Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik, M.Ap, Senin (21/3).

Dilakukan secara virtual, Latsar ini sebagai salah satu kegiatan CPNS untuk menjadi ASN secara penuh.

Google search engine

Sekda Lotim HM. Juaini Taofik menegaskan, ASN dalam melaksanakan tugas pendekatannya harus akuntabel. Ini bermakna harus berdasarkan regulasi dan norma, sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) dan aturan yang sudah ditetapkan.

Ditambahkannya, salah satu tugas ASN senantiasa membangun harmoni, karena organisasi Pemerintahan membutuhkan kerja sama tim. Masing-masing bekerja sesuai kompetensinya. Kendati ada kompetisi dalam upaya meningkatkan kinerja akan tetapi hal tersebut tidak boleh menyebabkan munculnya disharmoni.

“Dengan terbangunnya kerja sama tim yang baik maka tujuan organisasi akan dapat diwujudkan,” jelas Sekda Lotim dalam pembukaan Latsar CPNS diruang rapat utama Bupati Lotim.

Dia mengingatkan agar ASN harus dapat beradaptasi, tidak hanya dengan lingkungan kerja dan rekan kerja, melainkan juga dengan kebijakan dan perkembangan teknologi yang terjadi. Metode pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang diterapkan pada Latsar ini juga merupakan bentuk adaptasi.

Hal tersebut selaras dengan penyampaian Kepala BPSDMD Provinsi NTB Lalu Hamdi. Salah satu tujuan Latsar ini adalah membangun karakter serta memperkuat profesionalisme dan kinerja.

Hamdi juga menyinggung kemajuan teknologi, sehingga digitalisasi dalam mendukung kinerja ASN tidak dapat dielakkan begitu saja. Karena itu, ia mengingatkan perlunya peningkatan pengetahuan dan pemahaman dunia digital ASN.

Latsar dengan metode pembelajaran jarak jauh atau secara virtual ini diikuti 240 CPNS Lingkup Pemda Kabupaten Lombok Timur. Jumlah tersebut adalah 2 orang golongan II dan 238 golongan III, yang dibagi dalam enam angkatan. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 4 Juni mendatang. Pada 21 Maret hingga 28 April akan dilakukan pembelajaran jarak jauh (on campus I), dilanjutkan dengan habituasi/ aktualisasi di tempat kerja masing-masing pada 29 April sampai dengan 29 Mei, dan akhirnya 30 Mei sampai dengan 4 Juni merupakan tahapan pembimbingan, seminar dan aktualisasi (on campus II). (WR)

BACA JUGA  Sarat Muatan, Dum Truk Pengangkut Pasir Terbalik di Montong Baan
Artikulli paraprakPembangunan RSIAPH Sejalan Dengan RPJMD 2018-2023 Lotim
Artikulli tjetërTim Auditor BPK RI Sambangi Lotim Selama Satu Bulan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini