wartarinjani.net | Lombok Timur, Peringkat kemampuan membaca masyarakat, khususnya di kabupaten Lombok Timur dinilai masih jauh tertinggal dari daerah bahkan negara-negara lain. Oleh karena itu, penting sekali untuk membaca sejak usia dini. Hal itu diungkap Wakil Bupati H. Rumaksi Sj. pada acara Peringatan HUT Perpustakaan Nasional ke 42 tingkat Kabupaten Lombok Timur, Rabu (18/5). Acara tersebut berlangsung di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur.

Wabup menyinggung kurangnya kreasi dari pimpinan OPD, yang dinilai karena kurangnya minat membaca. Menurut Wabup Rumaksi membaca adalah suatu kebutuhan. Akan tetapi ia mengakui merubah prilaku dan kebiasaan agar gemar membaca tersebut tidaklah mudah “merubah prilaku manusia tidak segampang itu kecuali kalau mereka dididik dari kecil,” ujarnya.

Google search engine

Wabup juga mengkritisi kondisi gedung perpustakaan yang disebutnya belum nyaman. Menurutnya, kenyamanan menjadi salah satu aspek penting masyarakat berkunjung di samping bahan bacaan atau koleksi buku yang dimiliki sebuah perpustakaan.  Secara spesifik Wabup meminta agar Perpustakaan Lotim menyediakan buku-buku wajib bagi para pelajar dan mahasiswa, termasuk buku mata kuliah kedokteran. Menurutnya buku teks kedokteran banyak dibutuhkan mahasiswa, terlebih mengingat harganya agak sulit dijangkau.

Sementara itu Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Muh. Zaenuddin berharap momentum peringatan hari buku nasional dapat meningkatkan minat membaca masyarakat,  karena membaca buku akan membuat manusia kaya akan ilmu pengetahuan dan informasi dari seluruh dunia.

Selain dimeriahkan oleh pendongeng cilik Ayu Nindia Zipana dan musikalisasi puisi oleh perwakilan duta baca, pada acara tersebut dilakukan pula penandatanganan kerja sama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan sejumlah perguruan tinggi, pencanangan rintisan perpustakaan khusus OPD dan kecamatan, serta penyerahan bantuan stimulan koleksi buku kepada perwakilan OPD dan kecamatan.

BACA JUGA  Alat Rusak, Pelayanan Uji KIR Kendaraan Dishub Lotim Ditutup

HUT Perpustakaan Nasional bertepatan dengan hari buku pada 17 Mei. HUT Perpusnas ke-42 tahun 2022 ini mengangkat tema “Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional”.

whatsapp sharing button
Artikulli paraprakPemda Lotim Sambut Baik Kehadiran YPTKIS
Artikulli tjetërPemprov Aceh Lakukan Studi Implementasi SID di Lombok Timur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini