6 Calon Siap Bertarung Rebut Kursi Sekda Lotim

0
134

SELONG, Warta Rinjani—Sejak dibuka pendaftaran calon Sekda Lombok Timur, tercatat baru 6 orang yang sudah mengurus berkasnya.

Kabid Pelayanan RSUD Dr. Soedjono Selong, HL Harianto Sutrisno mengatakan, sejak dibuka pendaftaran, ada 6 orang yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan. Keenam orang itu adalah H Mugni, Taofik Juaini, Achmad Dewanto Hadi, Purnama Hadi, Slamet Alimin dan Lalu Dami Ahyani.

“Itu 6 orang yang sudah masuk memeriksa kesehatan kepada kami,” ungkapnya kepada Warta Rinjani, Selasa (28/1).

Dari pemeriksaan keenam orang itu, jelasnya, rata-rata memiliki hasil tes yang bagus. Tidak ditemukan gangguan kesehatan yang cukup signifikan yang akan mengganggu kerja mereka.

Namun demikian, Harianto menegaskan, ada sejumlah calon yang hasil pemeriksaannya secara psikologis dianggap rentan. Kerentanan ini terutama dalam mengelola emosi dalam sebuah lembaga publik.

“Ini penting karena bagaimana pun, pemimpin harus dewasa dalam mengelola emosi,” tegasnya.

Selanjutnya Harianto tidak meberikan keterangan lebih detail. Menurutnya, yang berhak memberikan penjelasan secara rinci adalah dokter-dokter yang melakukan pemeriksaan.

Baca Juga  Wabup Lotim : Tirulah Filosofi Maulana Syekh dan Presiden Soekarno

Terpisah, Ketua Tim Pansel Sekda Lotim, H Fathurrahman memebenarkan adanya 6 calon pelamar yang siap merebut kursi sekda. Keenam orang ini dipastikan berkasnya sudah masuk di bagian kesekretariatan.

“Sudah masuk berkasnya. Kita akan lakukan pemberkasan setelah itu,” ujarnya.

Pemberkasan terhadap syarat administrasi peserta, lanjutnya, dilaksanakan Selasa (28/1). Pemberkasan dilaksanakan sekitar pukul 15.00 Wita.

Setelah proses pemberkasan, terangnya, tim pansel pada Rabu (29/1), akan melaksanakan seleksi seleksi administrasi. Di hari berikutnya, Kamis (30/1), akan diumumkan hasil seleksi administrasi.

Berikutnya pada Jumat (1/2), akan dilaksanakan uji kompetensi. Ujian ini meliputi tes manajerial, psikologi dan asesmen.  Ujian dilaksanakan di dengan sistem CAT di Mataram.

Usai itu, lanjutnya, tahapan berikutnya yang dilaui calon yakni, ujian penulisan makalah dan tes wawancara. Kedua ujian ini akan dilaksanakan di Lombok Timur dua hari berrturut-turut pada Sabtu dan Minggu (2 dan 3 Februari). Sehari setelahnya akan dilaksanakan pengumuman hasil yakni Senin (4/2).

Sementara itu, salah satu calon Sekda Lotim, Puurnama Hadi mengatakan, dirinya tidak memiliki persiapan khusus menghadapi tim pansel. Namun demikian, dipastikan dirinya akan mengikuti prosedur yang berlaku.

Baca Juga  Yuli, Korban Perdagangan Manusia Dipulangkan

“Apapun yang diperintahkan oleh tim pansel siap kami jalankan, selama in itu sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku,” ucapnya.

Senada juga disampaikan calon sekda lainnya, Lalu Dami Ahyani. Ia mengatakan, tidak memiliki persiapan khusus dalam mengikuti setiap tahapan ujian dari Pansel. Untuk uji manajerial dan psikologi, ia memastikan akan merespon soal sesuai jawaban yang ada di otaknya.

Begitu juga dengan ujian tes tulis, Dami mengatakan, materi tulisan yang akan ditulis di hadapan tim pansel adalah fakta yang ada di lapangan. Semua isi hati dan otak masyarakat Lotim terkait harapannya untuk perbaikan birokrasi akan diangkat dalam tulisannya.

“Selebihnya soal yang lain-lain, kita akan tawakkal dan serahkan kepada Allah Swt,” ucapnya. (qin)
#
Berita & Photo : Fathur Roziqin/Warta Rinjani
Berita Photo : “ILUSTRASI” Kantor Bupati Lombok Timur dan ilustrasi menunggu siapa Sekda Lombok Timur selanjutnya. Artikel terkait gambar bisa juga dibaca di Tabloid Warta Rinjani edisi 4/I/15 Januari 2020

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar