Akibat Hujan, Setengah Bahu Jalan Ambrol

0
154

SURALAGA, Warta Rinjani—Hujan deras yang turun beberapa hari lalu rupanya berakibat fatal bagi sejumlah bangunan infrastruktur yang dibangun pemerintah. Tidak sedikit dari infrastruktur seperti saluran irigasi dan bahu jalan ambrol.

Di Dusun Berangkak atau sekarang bernama Dusun Barokah, Desa Kerongkong Kecamatan Suralaga Lombok Timur ambrol. Akses jalan yang menuju salah satu ponpes ini nyaris setengahnya sudah berkalang tanah.

“Di sini, kiri kanannya aliran sungai ini perlu pondasi dari batu dan dibungkus kawat agar tidak cepat longsor,” ujar Kasi Perencananaan Pemerintah Desa Kerongkong, Wawan Satriawan, kepada Warta Rinjani, Rabu (5/2).

Pada saat hujan lebar beberapa hari lalu, jelasnya, air besar datang dalam jumlah banyak dari Desa Tebaban, dan Desa Anjani. Air tersebut bertemu dengan air yang datang dari arah Anjani di titik yang mengalami kerusakan.

Baca Juga  DBHCHT Triwulan I, Pemkab Lotim Terima Transfer Pusat Rp. 16 Miliar

Buntut pertemuan dua arus air itu, jelasnya menyebabkan talut dan bahu jalan ambrol. Selain itu, air yang bertemu dari dua arah berbeda ini juga meluap ke badan jalan.

Kasus ambrolnya bahu jalan ini, jelasnya, bukan yang pertama kalinya. Kasus serupa juga pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2019 lalu.

“Sudah tiga kali kejadian ini ambrol di tempat yang sama,” jelasnya.

Selaku pemerintah desa, Wawan mengaku hanya memperbaiki seadanya. Namun karena akibat hujan deras beberapa hari kemarin membuat kondisi makin parah.

Pantauan media ini, terdapat sekitar 15 meter panjang kerusakan yang dialami di titik tersebut. Pihaknya berharap kerusakan ini tidak semakin meluas.

Akibat kerusakan tersebut, pihaknya pernah bersurat kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim. Dari proses itu pihaknya mendapat jawaban akan disurvei lebih dulu oleh pihak BPBD.

Baca Juga  Kadis Kominfotik NTB Targetkan 100 Persen Badan Publik NTB Informatif

“Dari kemaren kita tunggu dari BPBD, apakah akan datang survei, tapi sampai hari ini belum ada yang datang,” keluhnya.

Sementara itu, warga setempat bernama Mamiq Amin mengatakan, akibat longsor ini membuat sawah miliknya ikut aambrol. Bersyukur pad apetak sawahnya masih belum ditanami apa-apa.

“Kita tidak ada kerugian, kebetulan yang kena itu dekat sungai dan tidak kita tanami dan masih kosong,” ujarnya.

Dengan kejadian ini, ia berharap pemerintah segera memperbaiki. Langkah ini dianggap sangat penting diambil lantaran anak-anak menimba ilmu di Ponpes di dekat jalan itu harus melewati akses jalan tersebut. (cr-sul)
#
Berita & Foto : Sulpi/Warta Rinjani
Berita Foto : AMBROL: Bahu jalan yang berada di Dusun Barokah ambrol akibat hujan deras.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar