Antisipasi Gejolak Sosial, Polsek Keruak Monitoring Wilayah

0
63

LOMBOK TIMUR – Mengantisipasi potensi terjadinya gejolak sosial ditengah masyarakat, Polsek Keruak harus turun tangan hingga ke tingkat bawah sekalipun. Selaku pemegang otoritas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), polisi berwenang mendeteksi sejak dini potensi terjadinya kerawanan.

Kapolsek Keruak, Ipda Nurlana menegaskan, ancaman akan terjadinya gejolak sosial ditengah masyarakat dapat diantisipasi dengan berbagai pendekatan. Apalagi, dibeberapa wilayah hukum Polsek Keruak, seleksi pemilihan kepala wilayah (Kawil) termasuk Pilkades tengah dan akan digelar.

“Sekecil apapun potensi ditengah masyarakat harus diantisipasi.
Selaku pemangku keamanan harus dimonitor sekecil apapun persoalan ditingkat bawah. Jangan sampai permasalahan yang kecil menjadi besar karena kita tidak peka terhadap persoalan yang muncul ditengah masyarakat,” papar Nurlana saat memantau proses seleksi penjaringan Kepala Wilayah (Kawil) Kuwang Datu, Desa Selebung Ketangga, Kecamatan Keruak, Lombok Timur, Senin (29/3).

Baca Juga  PT GTI dan Pemprov NTB Sepakati Pokok-Pokok Addendum Kontrak Perjanjian Produksi
Keterangan foto : Polsek Keruak bersama Forkompimcam memonitoring pelaksanaan penjaringan Kawil Kuwang Datu di Kecamatan Keruak, Senin (29/3). (doc/dy)

 

Diakuinya, potensi itu akan jauh lebih besar ketika menjelang pelaksanaan Pilkades. Gesekan antar masyarakat pasti ada. Tetapi dengan pendekatan humanis kepada masyarakat, persoalan yang besar diharapkan tidak terjadi.

Masih kata Nurlana, mengantisipasi gejolak sosial yang terjadi ditengah masyarakat merupakan hal yang terpenting. Sehingga kondisi Kamtibmas dilingkungan setempat jadi barometer wilayah lainnya.

“Biasanya yang rawan dikalangan bawah. Beda dengan elit ditingkat atas. Tetapi sekecil apapun bentuknya gesekan itu harus segera diantisipasi agar tidak meluas,” kata Nurlana didampingi Forkompimcam Keruak.

Baca Juga  Baznas Lotim Lampaui Target Pengumpulan Zakat Selama Ramadhan

Selain itu, kata dia, faktor tak kalah pentingnya adalah penerapan protokol kesehatan (prokes) bagi masyarakat. Dalam kegiatan penjaringan kawil tersebut seluruh perangkat yang terlibat dapat memperhatikan prokes sesuai himbauan pemerintah.

Untuk kegiatan penjaringan Kawil Kuwang Datu, Polsek Keruak melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan tes tersebut yang berlangsung di kantor Desa Selebung ketangga Kec. Keruak Kab. Lotim.

Tes Penjaringan Perangkat Desa Selebung Ketangga untuk mengisi kekosongan Kawil Kuwang Datu periode 2021 yangg sudah berakhir masa baktinya. (wr-dy)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar