Antisipasi Kelangkaan dan Kenaikan Harga, Disperindag Lotim Gelar Operasi Pasar

0
63

LOMBOK TIMUR, wartarinjani.net – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 Dinas Perundustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lombok Timur memonitoring ketersediaan kebutuhan bahan pokok di sejumlah tempat.

Meski harga bahan pokok masih relatif stabil, Tim satgas akan turun ke pelaku-pelaku usaha untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Lotim, Mirza Sophian, SP mengemukakan, fluktuasi harga barang pokok masih dalam batas normal. Misalnya beras terjadi kenaikan harga berkisar antara Rp. 100-Rp.200. Kenaikan tersebut dinilai tidak terlalu signifikant.
Hanya saja, yang patut diantisipasi yerjadinya kenaikan harga yang tidak wajar dan kelangkaan menjelang natal dan tahun baru.

Baca Juga  Antisipasi Potensi Transmisi Covid-19, Wagub Apresiasi Langkah Kapolda NTB

“Kebutuhan barang pokok kami kategorikan masih normal. Tidak ada kenaikan bahkan kelangkaan saat ini. Tapi, kami bersama tim tetap akan melakukan pemantauan dengan operasi pasar,” jelas Mirza Sophian, Selasa (8/12).

Beras sebagai kebutuhan mendasar masyarakat tambah Mirza, juga perlu diantisipasi. Apalagi pada saat ini tidak sedang panen raya.
Di NTB misalnya, menjelang natal meski tidak berdampak karena tak banyak warga ummat kristiani, kelangkaan ataupun kenaikan harga sejak awal harus dipantau. Bisa saja, kelangkaan ataupun kenaikan harga disebabkan  produksi berkurang.

“Selain beras, minyak, tepung termasuk gula kebutuhan mendasar yang harus dimonitoring keberadaannya,” kata Mirza.

Baca Juga  Dinas PTSP Lotim Tempati Posisi 3 Nasional

Bahkan, hasil pertemuan di Polda NTB belum lama ini, semua pelaku.usaha diingatkan untuk tidak melakukan penimbunan yang berdampak pada ketidakkestabilan ekonomi masyarakat.
“Kalau ada pelaku usaha yang berani menimbun kebutuhan pokok masyarakat maka Tim Satgas akan melakukan penindakan tegas,” jelasnya.

Tim Satgas pangan bersama Disperindag, Badan Ketahanan Pangan dan sejumlah instansi terkait akan melakukan monitoring setiap saat untuk menjamin ketersediaan bahan pokok yang diperlukan masyarakat banyak. (wr-dy)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar