Antisipasi Kerawanan Jelang Pilkades, Polsek Keruak Lakukan Pendekatan

0
85

LOMBOK TIMUR – Suksesi ditingkat desa di Lombok Timur sebentar lagi digelar. Sebanyak 29 desa bakal berlomba untuk menentukan pilihannya dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang dihelat serentak tanggal 28 Juli 2021 mendatang.

Di Kecamatan Keruak misalnya. Tiga desa yang bakal menggelar Pilkades. Diantaranya, Desa Pijot, Desa Selebung Ketangge dan Desa Sepit. Tentu Pilkades berpotensi menimbulkan gesekan antar pendukung calon kades.

Menyikapi potensi terjadinya konflik, Polsek Keruak melakukan pendekatan dengan sejumlah tokoh agama dan masyarakat. Dari ketiga desa yang melaksanakan Pilkades, Desa Pijot paling berpotensi menimbulkan kerawanan.

Baca Juga  Mantan Kades Banjar Sari Ditahan Penyidik Kejari Lotim
Foto :Mengantisipasi kerawanan dalam Pilkades mendatang, Polsek Keruak menyebarkan pamflet dan spanduk menyerukan kedamaian. ( doc)

Kapolsek Keruak, Ipda Nurlana menegaskan, TNI/Polri berkewajiban menjaga Kamtibmas. Upaya yang dilakukan anggota dilapangan dengan melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat.

“Berbeda pilihan itu hal wajar dan itu merupakan dinamika dalam demokrasi. Tetapi, kita semua bersaudara,” ujar Kapolsek Keruak Ipda Nurlana menasehati.

Diakuinya, Desa Pijot dinilai berpotensi menimbulkan kerawanan dalam pesta demokrasi ditingkat desa di Kecamatan Keruak. Sebagai alasannya, hingga kini hanya Desa Pijot yang belum ditetapkan calon kades karena memiliki 6 bakal calon.
Untuk menentukan peserta 5 orang calon harus mengikuti proses seleksi di kabupaten.
Berbeda dengan dua desa lainnya, Desa Sepit dan Desa Selebung Ketangga. Kedua desa itu sudah menentukan peserta cakades masing-masing sebanyak 5 orang calon.

Baca Juga  Suntik Vaksinasi Covid-19 Capai 100 Persen

“Kedepankan keamanan. Situasi kondusif menjadi hal yang paling utama. Masyarakat boleh beda pilihan tapi tetap mengutamakan keamanan,” pintanya.

Untuk meminimalisir terjadinya konflik, Polsek, Koramil dan Camat Keruak sudah melakukan pemetaan. Langkah ini menjadi faktor penting agar kerawanan dapat dicegah sedini mungkin. (wr-di)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar