Antisipasi Luapan Air, Bupati Masuk Gorong-Gorong

0
193
PERIKSA: Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy ditarik keluar saluran setelah selesai memeriksa gorong-gorong di sekitar Kota Selong. (Hendri Setiawan/Warta Rinjani)

SELONG, Warta Rinjani—Datangnya musim hujan rupanya berdampak serius terhadap kemungkinan potensi luapan air di sejumlah saluran di Kota Selong. Mengantisipasi kemungkinan terjadinya luapan tersebut, Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy meninjau beberapa saluran dan gorong-gorong di sekitar Kota Selong, Rabu (26/2).

Seperti gorong-gorong yang ada di sebelah barat Kantor PLN Cabang Selong misalnya. Bupati Sukiman saat memeriksa gorong-gorong tersebut rela turun langsung ke saluran dan mengecek kondisi yang ada.

Baca Juga  Gubernur NTB Buka Ruang Dialog yang Tertutup Selama 25 Tahun

Saat memeriksa saluran dan gorong-gorong yang ada, ia didampingi sejumlah pejabat Lotim seperti Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) setempat, H Marhaban.

Usai meninjau gorong-gorong yang ada, Sukiman mengatakan, sejumlah saluran di Kota Selong telah mengalami sedimentasi signifikan. Sedimentasi itu bahkan mencapai satu meter.

“Wajar kalau sering terjadi banjir akibat air yang meluap dari saluran,” ucapnya kepada Warta Rinjani, Kamis (27/2).

Tak ingin melihat dampak lebih jauh, Sukiman akan melakukan perbaikan terhadap beberapa gorong-gorong. Ia mengaku telah memerintahkan kepada dinas terkait untuk melakukan pembongkaran dan mengangkat sedimentasi yang ada. 

Baca Juga  Kabur Saat Pelatihan di BLKLN Jatim, CPMI Asal Lotim Alami Patah Tulang

“Sedimentasi di setiap pertemuan anak sungai (perempatan) cukup tinggi. Karena itu, saya perintahkan untuk dibongkar dan diangkat sedimentasinya,” sambungnya.

Bupati menjelaskan, persoalan sedimentasi dapat diatasi dengan adanya tingkat kesadaran masyarakat terhadap sampah. Tanpa kesadaran masyarakat, sedimentasi akan sulit diatasi.

Karena itu, Sukiman berharap adanya kesadaran masyarakat terhadap sampah. Sehingga dapat mengurangi potensi terjadinya sedimentasi. (hen)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar