Bumdes Beringin Muda Atasi Kelangkaan Pupuk

0
135

MONTONG GADING, Warta Rinjani – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Beringin Muda, Desa Jenggik Utara, Kecamatan Montong Gading terus mencari terobosan yang bisa mendatangkan manfaat dan kemudahan untuk masyarakat, khususnya petani.

Kepala Desa Jenggik Utara, Nasri mengatakan, petani di Desa Jenggik Utara tergolong cukup banyak. Persentasinya dari mencapai 70 pertsen dari populasi penduduk setempat.

“Saya sangat ingin ada suatu wadah untuk penyadiaan pupuk petani. Sebab pupuk yang diperoleh warga masyarakat sangat sulit dan bahkan mahal,” ucapnya kepada Warta Rinjani, Rabu (29/1).

Berangkat dari keinginannya itu, jelasnya, ia langsung membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Bumdes ini dinamakan Beringin Muda.

Baca Juga  Mantan Kades Banjar Sari Ditahan Penyidik Kejari Lotim

Lewat Bumdes yang dibentuk, jelasnya, pihaknya ingin mencari solusi untuk bisa membantu masyarakat yang kesulitan pupuk. Karena itu, di Bumdes ini dimodali dengan dana awal Rp 25 juta.

“Lewat modal itu kita belikan pupuk dan ditaruh di Bumdes,” jelasnya.

Beruntung dari ikhtiar yang dilakukan ini cukup berjalan. Tak heran di dalam perjalanannya, Bumdes ini diberikan tambahan modal mencapai Rp 100 juta.

Lewat tambahan modal tersebut, saat ini Bumdes yang diinisiasi ini telah sukses melahirkan unita usaha baru. Unit usaha ini berupa simpan pinjam barang berbentuk elektronik.

Baca Juga  Rekruitmen BPPD Tidak Transparan, DPRD Lotim Bakal Panggil Dispar

Di Bumdes Beringin Muda, tegasnya, selain menyediakan pupuk, juga menyediakan sembako. Di Bumdes ini juga mengelola usaha tanggap gadai pohon kelapa yang dimiliki pemerintah desa.

Sementara itu, Ketua Bumdes Beringin Maju, Hamdan Juli Alwathoni mengatakan, Bumdes ini dibuat agar para petani cepat dan mudah mendapatkan pupuk. Selain mudah, harga pupuk di Bumdes ini dipastikan jauh lebih murah.

Hadirnya Bumdes ini diharapkan agar semua masyarakat memanfaatkannay dengan baik. Dengan begitu, komoditi berupa pupuk yang disediakan diharap terserap dengan baik. “Pastinya Bumdes ini hadir di tengah masyarakat untuk membawa manfaat dan sekaligus menyadarkan mereka untuk peduli terhadap kemudahan yang diberikan pemerintah desa,” tegasnya. (cr-sul)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar