Bumdes Mart Selagik Kelola Usaha Konveksi

0
237

TERARA, Warta Rinjani—Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Lombok Timur (Lotim) berlomba-lomba membuka usaha. Kompetisi positif ini berdampak baik bagi upaya peningkatan pendapatan desa.

Bumdes Mart Desa Selagik, Kecamatan Terara misalnya. Bumdes ini konsen mengelola usaha konveksi.

Salah satu pengurus Bumdes Mart Selagik, ardi mengatakan, Bumdes yang ditanganinya ini tidak saja mengelola usaha konveksi. Usaha lain yang dilakoni adalah menjual sembako dan jenis usaha lainnya.

“Tapi untuk usaha konveksi, kita baru memulai tapi akan fokus di sini,” ucapnya, Selasa (28/1).

Baca Juga  Pilkades Serentak di Lotim Akan Diikuti 122 Calon

Dibukanya jenis usaha ini, bebernya, tidak lain untuk membantu meningkatkan pendapatan desa. Jenis usaha ini dibuka lantaran di Desa Selagik dikenal sejak dulu telah membuka usaha konveksi.

Bagi Ardi, usaha konveksi yang dilakoni pemerintah desa adalah melestarikan warisan usaha yang dilakoni warga sejak dulu. Tak heran jika Desa Selagik hingga kini dikenal sebagai salah satu sentra usaha konveksi.

Dalam usaha ini, bebernya, pihak Bumdes secara bertahap melaksanakan program pelatihan-pelatihan. Mulai dari pelatihan membuat pola,  memotong dan menjahit. Selain itu, pihaknya juga menjalan usaha bordir dan sebagainya.

Baca Juga  Pemprov NTB Dukung Feodara di Kompetisi Putri Batik Remaja Nasional

Dalam pelatihan yang dijalankan, pihak Bumdes menyasar para pemuda dan warga sekitar. Mereka yang terlibat dalam pelatihan tidak dikenakan biaya alias gratis.

Alhamdulillah rata-rata anak di Selagek ini cepat sekali bisa menjahit. Bahkan ada juga yang bisa mandiri dengan terima orderan dan peserta pelatihan ini juga banyak dari desa tetangga,” ucapnya. (cr-sul)

Berita & Photo : Sulpi/Warta Rinjani
Berita Photo : “PELATIHAN” Bumdes Mart Desa Selagik memberikan pelatihan kepada warga sebagai salah satu unit usaha peningkatan pendapatan desa.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar