Bupati Perintahkan Tutup Sementara Seluruh Obyek Wisata di Lotim

0
155

LOMBOK TIMUR – Bupati Lombok Timur (Lotim), Drs. H.M. Sukiman Azmy, MM, memerintahkan seluruh lokasi obyek wisata harus ditutup sementara waktu mulai tanggal 20-23 Mei 2021.

Penutupan destinasi wisata tersebut sesuai dengan dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Bupati Lotim mulai hari ini per tanggal 18 Mei 2021.
SE Nomor. 814/304/PAR/2021 ditujukan kepada seluruh Forkompimcam yang memiliki lokasi wisata.

Foto : SE Bupati Lotim terkait penutupan sementara waktu lokasi obyek wisata mendapat respon dari pengelola wisata di Lotim. (doc/dy)

Dalam SE tersebut Sukiman Azmy menegaskan, penutupan sementara destinasi wisata ini untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona (Covid-19). Untuk itu, ia mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama mensosialisasikan dan melaksanakan kebijakan tersebut untuk kemaslahatan bersama.

SE Bupati Lotim langsung direspon oleh sejumlah pengelola wisata.
Kaitan dengan ditutupnya sementara waktu tempat wisata tersebut, Forkompimcam segera mengambil langkah strategis.

Selain memasang spanduk pengumuman serta melakukan penyekatan lokasi dari dan menuju areal destinasi wisata, baik camat, Koramil dan Polsek setempat melakukan sosialisasi.
Penutupan diareal wisata dimaksudkan untuk mengantisipasi penularan covid-19 menjelang libur tradisi lebaran topat.

Baca Juga  Antisipasi Potensi Transmisi Covid-19, Wagub Apresiasi Langkah Kapolda NTB

“Pengelola obyek wisata sudah kami beritahukan agar areal destinasi wisata di wilayah Keruak dan sekitarnya ditutup sesuai SE Bupati Lotim. Dan penegasan itu sudah disosialisasikan agar dapat diindahkan,” tegas Kapolsek Keruak, Ipda Nurlana kepada media ini.

Hal serupa juga dilakukan Forkopincam Masbagik. Kapolsek Masbagik, AKP. Zainudin Basri dan beberapa pihak terkait lainnya telah melakukan koordinasi menjalankan SE Bupati Lotim.
Para pengelola obyek wisata diminta dapat menaati aturan pemerintah untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Kapolsek Masbagik menegaskan dengan masih adanya terpaparnya Covid-19 yang semakin hari bertambah, untuk sementara waktu sesuai perintah dari bupati dan Kapolres Lotim, obyek wisata di tutup sementara untuk mencegah kerumunan yang bisa menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

“Kami dari kepolisian mengimbau agar para pengelola membuat banner yang bertuliskan untuk sementara waktu tempat wisata ditutup,” pintanya.

Baca Juga  Mantan Kades Banjar Sari Ditahan Penyidik Kejari Lotim

Terkait hal ini, masing-masing pengelola obyek wisata yang ada di Kecamatan Masbagik sepakat akan menutup obyek wisata dari tanggal 20 Mei 2021 sampai tanggal 23 Mei 2021 sesuai dari surat edaran Bupati Lotim

Adapun salah satu pengelola obyek wisata di Danger Village (DV) Waterpark di Masbagik, Habiburrahman, mengaku sudah membuat surat untuk penutupan sementara sesuai tanggal yang sudah disepakati.

Sejumlah obyek wisata terkenal yang selama ini cukup ramai dikunjungi wisatawan pun juga bakal ditutup sementara waktu. Destinasi wisata itu diantaranya, wisata Pusuk Sembalun, wisata Otak Kokoq Joben, wisata Timbanuh/Pringgasela, wisata pantai di Jerowaru, wisata pantai di Pringgabaya, wisata pantai di Sambelia, wisata pantai di Sakra Timur dan wisata pantai di wilayah Labuhan Hajj. (wr-dy)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar